Pengamanan G20, 18.030 Personel Gabungan Siap Diterjunkan

Laporan: Sinpo
Kamis, 20 Oktober 2022 | 20:50 WIB
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa/ headtopics
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa/ headtopics

SinPo.id - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan, pihaknya telah menyiapkan pengamanan untuk gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Seperti diketahui, acara tersebut rencananya akan digelar di Bali pada 15 dan 16 November 2022 mendatang.

"Secara umum personel yang bertugas sebagai pengaman-pengaman VVIP. Kami menyiapkan total sekitar 18.030 personel," kata Andika, Kamis 20 Oktober 2022.

Jumlah 18.030 ini, kata Andika, terdiri dari para personel gabungan. Antara lain 14.300 personel TNI, 3.200 anggota Polri, 492 personel dari institusi lain.

"Kami siapkan pengamanan sampai dengan 42 kepala negara. Ini untuk menjaga segala kemungkinan apabila semuanya hadir, kami siap,” ujarnya.

Untuk pengamanan G20, lanjut Andika, terdiri dari berbagai macam Satuan Tugas (Satgas). Salah satunya yakni Satgas Pengamanan VVIP yang bertugas menempel ke Kepala Negara.

“Karena persiapan itu tidak bisa mendadak. Jadi, dari jauh-jauh hari kami sudah menyiapkan paket pengamanan untuk 42 kepala negara atau setingkat kepala negara," jelasnya.

Lebih lanjut Andika mengungkapkan pihaknya juga telah berkomunikasi dengan masing-masing negara tamu yang siap membawa pasukan pengamanan sendiri untuk Kepala Negara masing-masing. TNI tentu mempersilakan para pasukan dari negara lain untuk melakukan pengamanan terhadap kepala negaranya.

"Seperti paspampres, itu semua kami akomodasi," ucap dia.

 sinpo

Komentar: