Capreskan Anies, Surya Paloh Sangkal NasDem Tak Patuh Pada Jokowi

Laporan: Sinpo
Minggu, 23 Oktober 2022 | 05:10 WIB
Anies Baswedan bersama Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh/ SinPo.id/ Ashar SR
Anies Baswedan bersama Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh/ SinPo.id/ Ashar SR

SinPo.id - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menegaskan penetapan Anies Baswedan sebagai calon presiden ( capres ) 2024 tidak bertentangan dengan kesepakatan koalisi pendukung pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin. Seperti diketahui, NasDem merupakan salah satu partai yang termasuk koalisi dalam pemerintahan Jokow-Ma'ruf.

"Komitmen kita itu berpegang pada prinsip-prinsip garis kebijakan pemerintah, itu coba terjemahkan sampai batas akhir masa bakti Presiden Jokowi dan Ma'ruf Amin. Kita enggak pernah terlanggarkan kan," kata Paloh, Sabtu 22 Oktober 2022.

Dalam aturan koalisi, kata Paloh, tak ada aturan yang menyebut tidak boleh mencalonkan nama Capres di periode selanjutnya. Menurut dia, pencalonan Anies tak melannggar aturan maupun etika partai koalisi pemerintahan.

"Etik yang mana (yang dilanggar)? Etik adalah ketika ada hal yang bertentangan dengan garis kebijakan Presiden," tegasnya.

Lebih jauh Paloh menyebut, Jokowi juga tak pernah menyebut jika tak setuju dengan pilihan NasDem mencalonkan Anies. Bila Jokowi menyebut tak setuju NasDem mencalonkan Anies, maka baru dapat dikatakan tak patuh menjadi koalisi. 

"Kalau enggak patuh baru dia dibilang anti koalisi. Tapi kan kita belum dengar dari Presiden kayak gitu. Iya kan? Jadi enggak ada masalah," tandasnya.sinpo

Komentar: