Ribuan Perempuan di Berlin Berunjuk Rasa atas Kematian Mahsa Amini

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 23 Oktober 2022 | 10:45 WIB
Aksi solidaritas untuk Mahsa Amini di Berlin/VoA
Aksi solidaritas untuk Mahsa Amini di Berlin/VoA

SinPo.id -  Sekitar 80 ribu orang termasuk di antaranya warga Iran berunjuk rasa di Berlin pada Minggu, 23 Oktober 2022 waktu setempat

Unjuk rasa ini sebagai bentuk solidaritas mereka terhadap kebebasan perempuan dan kematian Mahsa Amini.

Tak hanya di Berlin, aksi unjuk rasa juga dilaporkan berlangsung di Swedia, Italia, Prancis, Swiss, London, Finlandia, dan kota-kota lainnya di Eropa.

"Hari ini, ribuan orang menunjukkan solidaritas mereka dengan perempuan pemberani dan demonstran di Iran, kami bersama kalian," kata Menteri Urusan Keluarga Jerman, Lisa Paus, dilansir dari VoA, Minggu 23 Oktober 2022.

Dalam aksi unjuk rasa di Berlin, para perempuan mengacungkan slogan-slogan yang bertuliskan, 'Perempuan, Kehidupan, Kebebasan' sambil mengibarkan bendera Kurdi.

"Dari Zahedan ke Teheran, saya mengorbankan hidup saya untuk Iran," kata aktivis hak asasi manusia, Fariba Balouch, saat berpidato di tengah para demonstran.

Kemudian pidato tersebut ditanggapi dengan teriakan "Matilah Khamenei!". Seruan yang mengacu pada Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, disertai teriakan "Saya suara Mahsa Amini!".

Para peserta dengan damai berjalan menuju pusat kota di bawah sinar matahari musim gugur yang cerah, sementara polisi mengikuti mereka dari helikopter.
sinpo

Komentar: