Menteri NasDem di Kabinet Berpotensi Ganggu Pemerintahan Jokowi

Laporan: Sigit Nuryadin
Minggu, 23 Oktober 2022 | 17:11 WIB
Hasto Kristiyanto (Sinpo.id/Dok)
Hasto Kristiyanto (Sinpo.id/Dok)

SinPo.id -  Keberadaan Menteri dari partai NasDem di kabinet saat ini berpotensi mengganggu pemerintahan Presiden Joko Widodo. Tercatat NasDem sebelumnya bagian dari koalisi pemerintah, namun saat ini telah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden.

"Kami melihat implikasi secara politik tata pemerintahan bapak Jokowi karena yang diusung oleh NasDem antitesa pak Jokowi, sehingga memberi implikasi dalam pemerintahan di dalam kabinet pak Jokowi, itu yang dikritisi PDIP," ujar Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto kepada wartawan di GBK Arena, Jakarta, Minggu, 23 Oktober 2022.

Hasto menilai keberadaan menteri dari partai NasDem akan mengganggu konsentrasi jalannya pemerintahan Jokowi. Alasannya, ketika partai koalisi pemerintah sudah mempersiapkan calon presiden yang bersebrangan dengan presiden saat ini, sangat berpotensi terjadi gesekan.

Sedangkan soal reshuffle kabinet adalah hak dari Presiden Jokowi dalam menentukan perlu atau tidaknya mengganti seorang menteri.

"Ya reshuffle kan kewenangan dari bapak Presiden Jokowi, tapi kita bisa melihat etika pemerintahan itu," kata Hasto menjelaskan.

Terkait dengan calon dari partainya, Hasto mengajak seluruh kader PDI-P bersabar dan memperhatikan kondisi rakyat yang sedang kesulitan. "Sabar dan pasti pada waktu yang tepat, momentum sesuai suasana kebatinan rakyat," katanya.sinpo

Komentar: