Lansia Asal Garut Hilang Usai Seberangi Sungai, Diduga Tenggelam

Laporan: Sinpo
Senin, 24 Oktober 2022 | 03:16 WIB
Ilustrasi siswa tenggelam/ Pixabay
Ilustrasi siswa tenggelam/ Pixabay

SinPo.id -  Warga Desa Linggamukti, Garut bernama Andri Hidayatulloh hilang pada Minggu 23 Oktober 2022 pukul 15.00 WIB. Soemantri hilang diduga setelah terbawa derasnya air sungai saat hendak menyeberang untuk pulang ke rumahnya.

"Kami menerima laporan adanya warga yang terbawa derasnya air sungai sekitar pukul 18.30," ujar Andri Hidayatulloh, anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Garut.

Berdasarkan keterangan yang diterimanya dari saksi di lapangan, diungkapkan Andri, korban diketahui hendak pulang ke rumahnya setelah melakukan aktivitas harian. Saat itu Somantri terlihat menuruni sungai untuk menyeberanginya.

"Ketika saksi melihat lagi, ternyata korban sudah tidak terlihat dan yang tertinggal adalah golok, sabit dan botol minum. Saksi menduga korban terbawa hanyut air sungai sehingga melaporkannya kepada warga dan tokoh masyarakat sekitar," ungkapnya.

Menerima laporan tersebut, warga bersama tokoh masyarakat melakukan upaya pencarian korban di sekitar daerah aliran sungai. Namun hingga waktu Magrib tiba, korban belum juga ditemukan. Karena tidak jua ditemukan, pihak desa kemudian melaporkan kejadian itu kepada Koramil dan Polsek terdekat, juga ke pihaknya.

"Menerima laporan itu kami langsung turun ke lapangan untuk melakukan upaya pencarian bersama unsur TNI, Polri bersama warga setempat, namun hingga malam hari belum juga ditemukan," jelasnya.

Sungai yang diseberangi korban, menurut Andri, diketahui masuk kategori sungai kecil. Namun walau begitu, karena hujan turun cukup deras di kawasan hulu, ditambah durasinya cukup lama menjadikan debit airnya meningkat dan arusnya cukup kuat.

"Diduga korban ini memaksakan diri untuk menyeberangi sungai saat debit air sungai meningkat dan arusnya kuat. Sehingga yang terjadi korban terbawa derasnya air sungai," ucapnya.sinpo

Komentar: