Si kaja dan si miskin

Laporan: Sinpo
Selasa, 25 Oktober 2022 | 16:29 WIB
Koran Sin Po 25 Oktober 1925 (Monash University/SinPo.id)
Koran Sin Po 25 Oktober 1925 (Monash University/SinPo.id)

SinPo.id -  Koran Sin Po 25 oktober 1924 lalu menerbitkan laporan tentang pertentangan kelas antara si kaya dan miskin. Dalam laporanya “Si kaja dan si miskin” koran Sin Po mengelompokkan antara kelas pekerja dan pemberi kerja.

Barangkali masi banjak kaoem hartawan jang tida pertjaja bahoea keadahannja golongan miskin, jalah kaoem boeroeh, jang bantoe kaoem hartawan semingkin kaja, ada djelek sekali. Bernard Shaw telah bilang begimana banjak andjingnja si kaja ditanem dalem peti terlapis perak, sedengan anak nja manoesia miskin mengeletak di pinggir solokan lantaran soesanja.

Djoega Stein1en (itoe toekang teeken jang termashoer) telah loekisken dalem ia poenja sala satoe gambar sindiran, perbedahan besar antara si kaja dan si miskin. Itoe gambar dinamaken ”Andjingnja si kaja dan anaknja manoesia jang miskin” dan loekisken satoe andjing dari si hartawan jang dirawat baek dan pake slimoet, sedengen anak-anak manoesia miskin ampir tida berpakean dan moesti tjari makanan di krandjang roempoet.

Di ini weekblad kita telah batja begimana Dr. Jac. van Ginneken telah toetoerken dalem banjak fabriek-fabriek angka mati dari koeli-koeli ada djaoe lebih tinggi dari biasanja.

Tapi jang paling mengagetken ada pendapetannja Alfredo Niceforo. itoe socioloog jang terkenal di Geneve, seperti ia toetoerken dalem ia poenja boekoe ,,Anthropologie der nicht-besitzenden Klassen” (1910). Dalem ini boekoe Prof. Niceforo oendjoek perbedahan antara si kaja dan si miskin (atawa kaoem kapitalist dan kaoem boeroeh) ada begitoe poenja besar, hingga itoe doea golongan bisa dipandang sebagi doea bangsa!

Doea kaoem terseboet boekan sadja berbeda dalem makan dan pake, dalem perkara bergaoel, tapi djoega iaorang masing-masing poenja keadahan badan poen berbeda banjak. Begitoelah iaorang poenja kapala (kaloe di poekoel rata) tida sama besarnja; begitoepoen tingginja iaorang poenja djidat; beratnja iaorang poenja badan ; beratnja iaorang poenja otak; enz. enz.

Djoega golongan hartawan poenja gelaatshoek ada berbeda dari gelaatshoek si miskin.

Lantaran ini perbedahan-perbedahan besar—jang ditetepken oleh berbagi-bagi pamereksahan — Prof. Niceforo anggep boeat kaoem kaja dan kaoem miskin mempoenjai anthropologischtype jang berlaenan, saolah-olah betoel itoe doea kaoem ada doea bangsa laen atawa doea matjem manoesia!

 sinpo

Komentar: