Ratusan Pengungsi Suriah di Lebanon Hari Ini Kembali Pulang ke Rumah

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 26 Oktober 2022 | 16:36 WIB
Truk yang membawa pengungsi Suriah dari Lebanon/ Reuters
Truk yang membawa pengungsi Suriah dari Lebanon/ Reuters

SinPo.id - Hari ini ratusan pengungsi Suriah yang tinggal di Lebanon, dilaporkan kembali ke rumah mereka di tengah kekhawatiran adanya unsur paksaan yang membuat mereka harus pulang.

Namun, pihak berwenang Lebanon mengatakan, pemulangan itu bersifat sukarela dan merupakan bagian dari program yang dihidupkan kembali, serta telah dikoordinasikan oleh badan Keamanan Umum Lebanon.

Dilansir dari Reuters, sekitar 700 warga Suriah yang telah setuju untuk menyeberang, mulai berkumpul sejak dini hari di zona perbatasan timur laut yang terpencil.

Truk-truk besar yang ditumpangi para pengungsi terlihat berbaris dan mengantri untuk menyeberang. Orang-orang membawa koper, generator listrik, lemari es, ayam, dan sebagainya.

Namun PBB menegaskan bahwa kondisi Suriah yang masih dilanda perang, belum dapat dinyatakan aman untuk pemulangan warganya dalam skala besar.

Selain itu, Amnesty International juga mengatakan pengungsi yang kembali mungkin tidak memiliki informasi yang akurat mengenai tingkat risiko di kampung halaman mereka, yang berarti pemulangan mungkin tidak bebas dan terinformasi.

Pasalnya, sebagian besar wilayah Suriah masih tetap dalam kondisi yang penuh reruntuhan, karena rumah-rumah pribadi dan infrastruktur publik, termasuk layanan listrik dan air, hancur.

Seperti diketahui, Lebanon menjadi rumah bagi lebih dari 800 ribu warga Suriah yang terdaftar di badan pengungsi PBB. Mereka melarikan diri setelah protes terhadap Presiden Suriah Bashar Al-Assad pada tahun 2011. Pada puncaknya, Lebanon menampung sekitar 1,2 juta orang.sinpo

Komentar: