Soal Wanita Bercadar Coba Terobos Istana, Densus 88: Terhubung dengan HTI dan NII

Laporan: Sinpo
Kamis, 27 Oktober 2022 | 01:17 WIB
Si wanita bercadar yang bawa senjata api ke istana negara/Istimewa
Si wanita bercadar yang bawa senjata api ke istana negara/Istimewa

SinPo.id -  Kabag Bantuan Ops Densus 88, Kombes Pol Aswin Siregar mengatakan SF (24), perempuan menodongkan pistol ke Paspampres di depan Istana Negara, Jakarta, terhubung dengan media sosial yang diindikasi sebagai eks HTI dan NII. Densus 88 menemukan indikasi SF terhubung NII Jakarta dengan inisial BU dan JM..

"Dari pemeriksaan sementara dan hasil analisis di Densus 88 ditemukan memang yang bersangkutan terhubung secara media sosial kepada beberapa akun yang kita indikasikan sebagai akun eks HTI maupun akun NII. Setelah pemeriksaan akun analisis dilakukan ditemukan dua orang lainnya yang juga terhubung dengan kelompok NII Jakarta. Yaitu seorang dengan atas nama BU dan atas nama JM, yang sudah berbaiat kepada amir atau kepada Negara Islam Indonesia," kata Aswin pada Rabu 26 Oktober 2022.

Dengan temuan ini, Aswin menjelaskan penanganan kasus Siti Elina ini akan diterapkan undang-undang tentang penanggulangan terorisme. Densus 88 juga terus berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya dalam melakukan penanganan.

"Hasil koordinasi kita menyimpulkan bahwa penanganan ini harus melibatkan atau menerapkan undang-undang tentang penanggulangan tindak pidana terorisme. Oleh karena itu mulai dari kemarin kita sudah terus mulai berdampingan dengan penyidik Polda Metro Jaya untuk terus mendalami kasus ini," tambahnya.sinpo

Komentar: