Sekjen PBB Beri Dukungan untuk Presidensi G20 Indonesia dan KTT G20 di Bali

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 28 Oktober 2022 | 08:10 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Sekjen PBB Antonio Guterres/ Istimewa
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Sekjen PBB Antonio Guterres/ Istimewa

SinPo.id - Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, menyampaikan dukungannya terhadap pelaksanaan Presidensi G20 Indonesia, dalam pertemuan bilateral secara tatap muka dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Pertemuan tersebut juga membahas berbagai dinamika geopolitik dan geoekonomi, dampak krisis  global, dan perkembangan persiapan penyelenggaraan KTT G20 di Bali.

“Kami mendukung penuh dan bersedia menyuarakan kepentingan Presidensi G20 Indonesia, untuk keberhasilan penyelenggaraan KTT di Bali,” kata Guterres, dikutip Jumat 28 Oktober 2022.

Ia juga menyampaikan rasa simpati dan keprihatinan atas berbagai tantangan global yang saat ini berlangsung dalam instabilitas geopolitik dunia, krisis multidimensi, dan proses pemulihan pasca pandemi Covid-19.

Selain itu Guterres juga menyampaikan perkembangan di berbagai sektor yang mencakup keuangan, perubahan klim (climate change), emerging economies dan transisi energi, karena Indonesia juga terlibat di dalamnya.

"Kami meminta dukungan Indonesia dan negara berkembang besar lainnya seperti Brasil, India, dan Afrika Selatan untuk mengambil langkah-langkah strategis dalam mengatasi dampak climate change," ungkapnya.

Karena seperti yang diketahui, PBB selama ini telah menjalin komunikasi dan memberikan dukungannya terhadap isu climate change, dan siap memperdalam kolaborasi dengan G20 pada isu penting tersebut kedepannya.sinpo

Komentar: