Beri Peringatan ke Korsel, Korut Kembali Luncurkan Rudal Jarak Pendek

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 28 Oktober 2022 | 13:13 WIB
Rudal Balistik yang diluncurkan Korut/ Reuters
Rudal Balistik yang diluncurkan Korut/ Reuters

SinPo.id - Militer Korea Selatan mengatakan Korea Utara menembakkan dua rudal balistik jarak pendek (SRBM) di lepas pantai timurnya pada Jumat 27 Oktober 2022. Hal itu sebagai penutup latihan besar yang telah dilakukan selama dua minggu.

SRBM tersebut ditembakkan dari daerah Tongcheon di provinsi Gangwon, di pantai timur Korea Utara. Peluncuran rudal dilakukan Korut di tengah meningkatnya ketegangan dengan Korea Selatan, setelah keduanya saling bertukar tembakan peringatan.

"Militer terus meningkatkan pemantauan dan keamanan sambil berkoordinasi erat dengan Amerika Serikat," kata Kepala Staff Gabungan (JCS) Korea Selatan, dilansir dari Reuters.

Korea Utara sendiri mengatakan peluncuran rudalnya tersebut merupakan bentuk protes terhadap latihan bersama antara Korea Selatan dengan AS yang dianggap sebagai latihan untuk invasi dan provokatif.

Namun Korea Selatan dan Amerika Serikat mengatakan latihan itu bersifat defensif dan sangat diperlukan untuk melawan ancaman Korea Utara, yang berencana untuk melanjutkan uji coba bom nuklir.

Selain itu, Korea Selatan juga mengatakan bahwa uji coba nuklir Korea Utara harus ditanggapi dengan tanggapan yang tak tertandingi dari sekutu. Namun baik Korea Selatan maupun Amerika Serikat tidak memberikan perinciannya.sinpo

Komentar: