Johanis Tanak Resmi Bergabung, Firli Yakin KPK Makin Kuat

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 28 Oktober 2022 | 13:50 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri dan Johanis Tanak/ Istimewa
Ketua KPK Firli Bahuri dan Johanis Tanak/ Istimewa

SinPo.id - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyambut gembira bergabungnya Johanis Tanak sebagai Wakil pimpinan KPK yang baru. Menurutnya, dengan dilantiknya Johanis membuat komposisi pimpinan menjadi saling menguatkan.

"Alhamdulillah hari ini bisa bergabung dengan kami dan lima kepemimpinan ini kalau saya lihat komposisinya akan saling menguatkan," kata Firli Bahuri di Istana Negara Jakarta, Jumat 28 Oktober 2022.

Filri menyebut, lima pimpinan KPK saat ini memiliki latar belakang di bidangnya masing-masing yang membuat sinergi dan kolaborasi akan semakin meningkat.

"Ada saya yang berlatar belakang dari Polri, selama 37 jadi penyidik Polri," ujar Firli.

Kemudian, Johanis Tanak yang baru dilantik berlatar belakang Jaksa. Menurut Firli, dengan pengalamannya yang banyak memahami kontruksi berbagai perkara akan membantu penanganan perkara hingga dihadirkan di meja peradilan.

Selanjutnya ada Alexander Marwata, Wakil Pimpinan yang berlatar belakang sebagai auditor sekaligus Hakim tindak pidana Korupsi (Tipikor) ad hock. Lalu Nurul Ghufron seorang akademisi dengan disiplin ilmu hukum pidana dan pernah menjadi Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember.

Terakhir ada Nawawi Pamolango yang berlatar belakang Hakim. Dengan pengalamannya dapat menimbulkan keyakinan pada hakim untuk memutus suatu perkara.

"Karena sesungguhnya hakimlah yang tau tentang perkara yang ditangani," ujar Firli.

"Doakan kami supaya kami bisa bekerja untuk membersihkan negeri ini dari praktik-ptaktik korupsi," tandasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Johanis Tanak sebagai Wakil Ketua merangkap pimpinan baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Istana Merdeka, Jakarta 28 Oktober 2022.

Johanis Tanak sebelumnya disetujui DPR RI menggantikan Lili Pintaulia Siregar yang mengundurkan diri dari kursi Wakil Ketua lembaga antirasuah.

Foto: pelantikan Wakil Ketua KPK baru Johanis Tanak /Ist

 sinpo

Komentar: