Jamiluddin Ritonga: Fx Rudy Terkesan Abaikan Sanksi PDIP

Laporan: Bayu Primanda
Sabtu, 29 Oktober 2022 | 15:46 WIB
Fx Rudy saat memenuhi panggilan DPP PDIP/Istimewa
Fx Rudy saat memenuhi panggilan DPP PDIP/Istimewa

SinPo.id -  Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga menilai
Ketua DPC PDIP Solo, Fx Hadi Rudyatmo, terkesan mengabaikan sanksi keras dari Badan Kehormatan DPP PDIP.

Pasalnya, kata Jamil, Rudy di dekat kantor DPC PDIP Solo justru merayakan ulang tahun Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Padahal sebelumnya Rudi disanksi keras dan terakhir buntut pernyataan dukungannya kepada Ganjar sebagai capres.

"Bahkan sekembali dari menerima sanksi, Rudy disambut ratusan kader dan sejumlah pengurus FPC PDIP Solo," kata Jamil dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 29 Oktober 2022.

Dua kejadian itu, kata Jamil, mengindikasikan bahwa Rudy selaku pengurus DPC PDIP Solo, dan kadernya terkesan mengabaikan sanksi yang diberikan DPP PDIP.

"Indikasi itu bermakna, Rudy dan kader PDIP di Solo seperti tidak ada sanksi yang diberikan DPP PDIP," bebernya.

Padahal sanksi diberikan kepada Rudy masuk kategori keras dan terakhir. Semestinya sebagai seorang kader setia, sanksi tersebut harus ditaati.

"Itu artinya, kalau Rudy melakukan kesalahan lagi berpeluang dipecat sebagai kader PDIP sangat besar," kata Jamil.

Jadi, apa yang dilakukan Rudy dan kader PDIP di Solo dapat dikatakan sebagai pembangkangan. Hal itu tentunya, kata Jamil, berpeluang akan diikuti kader PDIP lainnya di penjuru tanah air.

"Setidaknya bila DPP salah mengambil tindakan terhadap Rudy, maka pembangunan terhadap DPP akan semakin.membesar dan meluas. Kiranya hal itu yang perlu dimenangkan DPP PDIP," tukas dia.sinpo

Komentar: