Soal Pembuatan SIM dalam Satu Hari, Sahroni: Semoga Tak Ada Pungli

Laporan: Sinpo
Senin, 31 Oktober 2022 | 00:07 WIB
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni (SinPo.id/Galuh)
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni (SinPo.id/Galuh)

SinPo.id -  Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni mendorong Kepolisian RI (Polri) untuk memperbaiki tata kelola pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM). Menurutnya, pembuatan SIM harus dipersingkat dan tidak menyulitkan masyarakat.

“Jangan mempersulit masyarakat. Dan masyarakat juga harus lulus seleksi yang hasilnya memang bagus sesuai kriteria dari aturan yang berlaku bagi penguji,” kata Sahroni seperti dilansir laman DPR.go.id

Hal tersebut juga sesuai dengan arahan Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang meminta proses pembuatan SIM dipercepat dan diselesaikan di hari yang sama. Menurut Politisi Partai NasDem itu, langkah yang diambil Kapolri sudah tepat. Ia pun berharap arahan tersebut ditindaklanjuti dan dijalankan petugas di lapangan. 

“(Arahan Kapolri) Sangat baik dan sangat bijak. Semoga perintah Kapolri itu langsung dijalankan dan dirasakan oleh masyarakat,” ujar Sahroni.

Sahroni meyakini dengan adanya instruksi Kapolri tersebut, aksi pungutan liar yang sering dijumpai pada proses pembuatan SIM akan hilang. “Saya yakin setelah Pak Kapolri perintahkan, semoga tidak ada lagi pungli,” tandas Legislator Dapil DKI Jakarta III itu. 

 sinpo

Komentar: