Dewan Pers SinPo

Puluhan Ribu Rakyat Ceko Tunjukkan Aksi Solidaritas Dukung Ukraina

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 31 Oktober 2022 | 08:50 WIB
Aksi solidaritas rakyat Ceko mendukung Ukraina/ AP
Aksi solidaritas rakyat Ceko mendukung Ukraina/ AP

SinPo.id - Puluhan ribu rakyat Ceko berkumpul di ibu kota pada hari Minggu untuk menunjukkan solidaritas mereka terhadap Ukraina dan dukungan mereka untuk nilai-nilai demokrasi.

Orang-orang yang tumpah ke jalan di Praha mengibarkan bendera Ceko, Ukraina dan Uni Eropa sambil menunjukkan slogan-slogan bertuliskan "Republik Ceko melawan ketakutan" dan "Kami akan mengelolanya".

Dilansir dari VoA, aksi unjuk rasa di pusat Wenceslas Square tersebut diselenggarakan oleh sebuah kelompok bernama Million Moments for Democracy, yang mendukung Ukraina setelah invasi Rusia pada 24 Februari.

Kelompok itu juga sebelumnya mengadakan unjuk rasa besar-besaran terhadap mantan perdana menteri, sekaligus miliarder populis Andrej Babis, yang disebut sebagai ancaman bagi demokrasi.

Kelompok itu mengatakan protes anti-pemerintah, yang dianggap mengeksploitasi ketakutan rakyat akan inflasi dan perang di Ukraina dan mencoba merusak demokrasi.

Sementara itu, Ibu negara Ukraina, Olena Zelenska, mengucapkan terima kasih kepada mereka yang hadir dalam aksi unjuk solidaritas untuk mendukung Ukraina.

"Negara kamu telah menghadapi momen tergelap dalam sejarah, tetapi agresi Rusia tidak akan pernah berhasil," kata Zelenska, melalui pesan video, dikutip Senin 31 Oktober 2022.

Sebelumnya, aksi unjuk rasa tersebut juga diselenggarakan untuk memprotes melonjaknya harga energi dan menentang keanggotaan negara itu di Uni Eropa dan NATO.sinpo

Komentar: