Sembilan Orang Ditangkap atas Runtuhnya Jembatan Penyeberangan di Gujarat

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 01 November 2022 | 08:12 WIB
Evakuasi korban jembatan penyeberangan runtuh di Gujarat (SinPo.id/AFP)
Evakuasi korban jembatan penyeberangan runtuh di Gujarat (SinPo.id/AFP)

SinPo.id -  Polisi di negara bagian Gujarat, India, telah menangkap sembilan orang sehubungan dengan runtuhnya jembatan penyeberangan yang menewaskan sedikitnya 141 orang. Sembilan orang yang ditangkap semuanya merupakan karyawan dari perusahaan Oreva, perusahaan yang telah dikontrak untuk memelihara dan mengoperasikan jembatan tersebut.

"Dari sembilan ini, dua bekerja sebagai manajer, sementara dua bekerja sebagai petugas pemesanan tiket semuanya dipekerjakan oleh Oreva di lokasi jembatan," kata perwira polisi senior Ashok Kumar Yadav, dilansir dari BBC News, Selasa 1 November 2022.

Sedangkan lima terdakwa lainnya merupakan dua orang yang dikontrak untuk memperbaiki struktur, serta petugas keamanan di jembatan. Namun hingga kini, belum ada tanggapan langsung dari Oreva.

Para pejabat juga belum dapat memastikan ada berapa banyak orang yang berada di jembatan itu ketika tragedi terjadi sekitar pukul 18:40 (13:10 GMT), tetapi perkiraan menyebutkan antara 400 sampai 500 orang.

Namun, lebih dari 177 orang telah diselamatkan, dan selusin kapal milih anggota tim tanggap bencana nasional dan negara bagian hingga kini masih terus mencari korban lainnya yang hanyut di sungai, termasuk di antaranya anak-anak.

Sebuah rekaman video yang beredar juga menunjukkan bagaimana jembatan sebelum ambruk yang penuh sesak itu bergoyang, sementara orang-orang mencengkeram jaring di sisinya.

Setelah insiden itu, puluhan orang terlihat menempel di reruntuhan ketika tim darurat berusaha menyelamatkan mereka. Beberapa korban selamat memanjat jaring jembatan yang rusak, dan yang lainnya berhasil berenang ke tepi sungai.

Menanggapi peristiwa tersebut, pemimpin partai oposisi Kongres Mallikarjun Kharge menuntut penyelidikan yudisial untuk mengetahui bagaimana jembatan itu runtuh hanya dalam lima enam hari setelah dibuka kembali, dan siapa yang mengizinkan begitu banyak orang di atasnya.

Untuk diketahui, jembatan gantung berusia 140 tahun tersebut menjadi objek wisata utama di Gujarat yang baru kembali dibuka minggu lalu setelah diperbaiki.

Jembatan yang berada pada ketinggian sekitar 230m (754ft) di atas sungai Machchhu itu, dibangun pada tahun 1880, selama pemerintahan Inggris di India.

Selain itu, jembatan gantung yang terkenal di Morbi tersebut juga tercantum dalam brosur perjalanan, kunjungan ke Julto Pul, yang menarik banyak wisatawan dan penduduk lokal pada hari libur dan festival.sinpo

Komentar: