Menpora Pastikan Tak Akan Intervensi Pelaksanaan KLB PSSI

Laporan: Sinpo
Selasa, 01 November 2022 | 20:15 WIB
Menpora Zainudin Amali/ Istimewa
Menpora Zainudin Amali/ Istimewa

SinPo.id - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa 1 November 2022. Dalam pertemuan tersebut, Menpora melaporkan beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Salah satu yang dilaporkan terkait Kongres Luar Biasa (KLB) yang akan digelar Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dalam waktu dekat. Ditegaskannya, pemerintah tidak akan ikut campur dan melakukan intervensi terhadap KLB yang digelar PSSI.

“Kita pemerintah dalam posisi tidak ikut campur, apalagi intervensi dalam pelaksanaan KLB yang sudah diputuskan oleh PSSI karena itu menjadi ranah PSSI. Silakan dilaksanakan sesuai dengan apa yang telah mereka putuskan,” ujar Zainudin seperti dilansir website Setkab.

Selain itu, kata Zainudin, Kemenpora juga melaporkan terkait persiapan Papua sebagai provinsi olahraga ke Jokowi.

“Salah satu hal yang menarik adalah bagaimana kita mendorong lagi Papua sebagai provinsi olahraga, sedang kita persiapkan itu karena memang dari hasil penelitian yang dikerjakan teman-teman di Uncen (Universitas Cendrawasih) itu dampak dari pelaksanaan PON terhadap meningkatkan rasa nasionalisme orang Papua,” jelasnya.

Zainudin juga melaporkan kepada Presiden terkait kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Menurutnya, Presiden ingin memastikan kesiapan tempat-tempat yang akan digunakan dalam Piala Dunia U-20.

“Tadi juga Pak Presiden menanyakan tentang kesiapan venue-venue yang sebentar lagi akan direnovasi karena FIFA kan mau supaya semua venue utama maupun lapangan-lapangan latihan itu harus direnovasi diperbaiki tetapi tidak mayor dan itu minor saja,” ujarnya.sinpo

Komentar: