Ukraina Bersiap Hadapi Musim Dingin Terburuk Tanpa Listrik dan Air

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 07 November 2022 | 08:08 WIB
Kota Kyiv/ New York Times
Kota Kyiv/ New York Times

SinPo.id - Wali Kota ibukota Ukraina, Kyiv, memperingatkan penduduk untuk bersiap menghadapi musim dingin terburuk agar dapat bertahan pada suhu di bawah titik beku, tanpa listrik dan air.

Pasalnya, Rusia terus menyerang infrastruktur energi Ukraina. Sehingga masa depan negara dalam menghadapi musim dingin, bergantung pada kesiapan penduduk untuk bertahan di tengah situasi yg sulit.

"Kami melakukan segalanya untuk menghindari ini. Tapi jujur ​​saja, musuh kami melakukan segalanya untuk kota tanpa panas, tanpa listrik, tanpa pasokan air," kata Wali Kota Vitali Klitschko, dilansir dari VoA, Senin 7 November 2022.

Rusia sendiri telah berfokus untuk menyerang infrastruktur energi Ukraina selama sebulan terakhir, menyebabkan jutaan penduduk Ukraina kekurangan listrik dan mendapat pemadaman bergilir di seluruh negeri.

Operator energi Ukraina, Ukrenergo, mengatakan Kyiv dijadwalkan mendapat pemadaman bergilir setiap hari Minggu, termasuk di beberapa bagian kota dan wilayah sekitarnya. Pemadaman juga berlaku di dekat wilayah Chernihiv, Cherkasy, Zhytomyr, Sumy, Kharkiv dan Poltava.

Dalam menghadapi kondisi yang sulit itu, Kyiv berencana menyebarkan sekitar 1.000 titik pemanas di seluruh kota. Namun kemungkinan pemanas tersebut tidak cukup untuk kota yang berpenduduk 3 juta orang.sinpo

Komentar: