Tak Peduli Sanksi Barat, India Nyatakan Akan Terus Beli Minyak Rusia

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 09 November 2022 | 09:54 WIB
Subrahmanyam Jaishankar dengan Sergey Lavrov/Reuters
Subrahmanyam Jaishankar dengan Sergey Lavrov/Reuters

SinPo.id -  Menteri Luar Negeri India, Subrahmanyam Jaishankar, menyatakan akan terus membeli minyak dari Rusia, karena dianggap menguntungkan, meski keputusan tersebut bertentangan dengan sanksi Barat yang berencana melumpuhkan ekonomi Rusia.

Menurutnya, Rusia telah menjadi mitra yang stabil dan telah memberikan pelayanan yang baik terhadap India, yang juga merupakan konsumen minyak dan gas terbesar ketiga di dunia, dengan pendapatan tidak terlalu tinggi.

“Kami telah melihat bahwa hubungan India-Rusia telah berjalan dengan baik. Jika itu menguntungkan saya, saya ingin melanjutkannya,” kata Jaishankar, dilansir dari Al Jazeera, Rabu 9 November 2022.

India yang belum secara eksplisit mengutuk invasi Rusia yang disebut sebagai operasi militer khusus di Ukraina, telah muncul sebagai pelanggan minyak terbesar Rusia setelah China.

Pasalnya, baik Baik New Delhi maupun Beijing sejauh ini menolak untuk bergabung dengan sanksi Barat terhadap Rusia.

Menanggapi keputusan India tersebut, Menteri Luar Negeri Federasi Rusia, Sergey Lavrov, memuji India, dan menuduh negara-negara Barat berusaha mengkonsolidasikan peran dominan dalam urusan dunia dan mencegah demokratisasi hubungan internasional.

Terlebih Rusia dan India juga sedang mempertimbangkan produksi bersama peralatan pertahanan modern, setelah kedua negara menandatangani kesepakatan senilai USD 677 juta untuk memproduksi senapan serbu AK-203 di India tahun lalu.

Bahkan menurut Lavrov, Rusia dan India juga ingin bekerja sama lebih erat di bidang energi nuklir dan perjalanan ruang angkasa.sinpo

Komentar: