Dewan Pers SinPo

Transjakarta Benahi Pelayanan Demi Minimalisir Kecelakaan

Laporan: Zikri Maulana
Rabu, 09 November 2022 | 10:20 WIB
Ilustrasi/Shutterstock
Ilustrasi/Shutterstock

SinPo.id - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) terus berupaya membenahi pelayanan khususnya dari sisi operasional dan keselamatan, guna menurunkan angka kecelakaan yang kerap terjadi. 

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta, Anang Rizkani Noor menyampaikan, pihaknya melakukan pelatihan kepada sebanyak 7.757 orang pramudi hingga dengan sepuluh modul. 

“Ini perlu dilakukan untuk bisa segera mengidentifikasi adanya bahaya, risiko dan bagaimana penentuan pengendalian terkait bahaya apa saja yang bisa terjadi selama bus beroperasi,” ujar Anang dalam keterangannya, dikutip Rabu 9 November 2022. 

Selain itu, kata Anang, pihaknya juga membentuk serta melatih safety agent di masing-masing operator agar dapat mengawasi kinerja keselamatan. Kemudian, dilakukan juga 99 penyusunan Standar Kerja dan Identification Risk Assesment and Determining Control (HIRADC). 

Dengan upaya pembenahan yang terus dilakuan, Transjakarta mengklaim berhasil menurunkan angka kecelakaan selama dua tahun terakhir yakni sebesar 0,78 persen pada tahun 2021 dan sebesar 0,61 persen pada awal 2022 dari total keseluruhan perjalanan. 

Angka ini mengalami penurunan sebesar 1,21 persen dari tahun 2020 di mana tercatat ada kecelakaan sebanyak 1.82 persen. 

Lebih lanjut, Anang menyampaikan, langkah lain dalam meminimalisir angka kecelakaan dengan melakukan audit, inspeksi serta investigasi terkait keselamatan. Serta, lanjut Anang, bagaimana menerapkan bangun dan bina kepedulian managerial untuk menumbuhkan Safety Cutlure kepada pramudi. 

Anang menegaskan, kecelakaan yang dialami Transjakarta perlu juga diketahui kategori yang mendasari, mengingat Transjakarta tidak mutlak menjadi pelaku kecelakaan tetapi juga korban dari kecelakaan itu sendiri. 

“Itu pentingnya memahami kronologi kejadian agar kita bisa masukan ke kategori yang mana kecelakaan itu. Tidak bisa disamaratakan,” kata Anang. 
sinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
Koran Sin Po edisi 14 Januari 1939 menulis berita “Super Microscoop”. Laporan tekhnologi itu menyebutkan laboratorium Jtlectron-Optisch dari Siemens & Halske di Duitschland telah telah mengumumkan satu temuan tekhnologi yang mampu melihah micro-organisme dan benda micro-inorganisch yang disebut alat super-microscoop.
- Koran Sin Po
BERITATERPOPULER
07