Hari Pahlawan, Kemensos Bersama TNI AL Gelar Upacara dan Tabur Bunga di Laut

Laporan: Andi Muhammad Rezaldy
Jumat, 11 November 2022 | 09:04 WIB
Upacara Peringatan Hari Pahlawan dan tabur bunga di laut oleh Kemensos dan TNI AL di kepualauan  Seribu (.SinPo.id/Kemensos)
Upacara Peringatan Hari Pahlawan dan tabur bunga di laut oleh Kemensos dan TNI AL di kepualauan Seribu (.SinPo.id/Kemensos)

SinPo.id -  Kementerian Sosial bersama TNI Angkatan Laut menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan dan tabur bunga di laut. Kegiatan ini merupakan rangkaian rutin peringatan Hari Pahlawan 10 November sekaligus mengenang dan menghormati jasa serta perjuangan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

"Upacara dan tabur bunga di laut dalam rangka Hari Pahlawan ini juga menunjukkan negara kita negara maritim, negara bahari yang luas,” kata Staf Ahli Menteri Sosial Bidang Teknologi Kesejahteraan Sosial, Asep Sasa Purnama. Kamis, 10 november 2022 kemarin.

Tabur bunga dari atas Geladak Helly KRI Semarang-594 yang sebelumnya berlayar dari Pelabuhan Angkatan Laut Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Tanjung Priok menuju Pulau Damar, Kepulauan Seribu.

Asep Sasa juga mengatakan peringatan Hari Pahlawan tahun 2022 kali ini bertema "Pahlawanku Teladanku" ini bertujuan membangun ingatan kolektif bangsa agar dapat menggugah kesadaran mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan. Termasuk memperkuat persatuan dan kesatuan serta meningkatkan rasa kecintaan serta kebanggaan sebagai bangsa dan negara Indonesia.

“Kemensos juga melaksanakan berbagai kegiatan seperti seminar untuk memberikan pencerahan dan pemahaman kontekstual tentang pahlawan kekinian, memberi bantuan dan layanan sesuai kebutuhan kepada keluarga pahlawan,” kata Asep menambahkan.

Ia berharap semangat pahlawan bisa dirasakan di pulau-pulau terpencil agar  bisa merasuk dan menjalar ke seluruh penjuru negeri.

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI  Yudo Margono mengatakan,  upacara peringatan Hari Pahlawan yang diikuti oleh 340 personel TNI/Polri dan instansi terkait ini memiliki makna mendalam. "Ini makna mendalam bagi generasi penerus, karena dengan keteladanan para pendahulu kita, para pejuang bangsa yang memiliki keikhlasan dan keberanian serta jiwa pantang menyerahnya kita wajib teladani untuk kemajuan dan keamanan negara kita," kata Yudo.

Yudo telah membentuk Dinas Sejarah Angkatan Laut yang tugas dan fungsinya mencari data sejarah pada zaman dahulu yang diajukan kembali data pahlawan-pahlawan yang berjuang di laut. "Saya berharap rasa juang anak muda ini diperkuat, semangat juang untuk kemajuan Indonesia, terutama tegakkan UUD 1945 dan Pancasila," kata Yudo menegaskansinpo

Komentar: