Agar Tak Terjebak Hoaks, Wamenag Minta Generasi Muda Kuasai Dunia Digital

Laporan: Sinpo
Jumat, 11 November 2022 | 23:17 WIB
Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi/ Kemenag
Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi/ Kemenag

SinPo.id - Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi meminta generasi muda untuk tanggap dengan dunia digital untuk melawan banyaknya hoaks. Dengan demikian, diharapkan generasi muda dapat lebih memilah infformasi yang didapatnya.

"Saya mengajak generasi muda yang melek digital untuk lebih memahami dan menguasai dunia digital. Hal ini untuk memberikan kontra narasi terhadap paham yang membahayakan ideologi negara," jelas Zainut dalam keterangannya, Jumat 11 November 2022.

Zainut juga meminta NU dan Muhammadiyah sebagai ormas Islam terbesar di Indonesia harus lebih aktif dan kreatif memanfaatkan media digital. Sehingga ajaran Islam yang diterima masyarakat akan bersifat ramah, moderat, dan toleran.

Dengan sumber daya yang dimiliki, Zainut yakin NU dan Muhammadiyah dapat melakukan inovasi dalam menyampaikan dakwah yang dapat diterima seluruh kalangan.

"Saya kira itu harus dibikin sedemikian rupa untuk menarik pembaca dan pengikut. Termasuk konten-konten yang disampaikan dikemas dengan baik," katanya.

Di era digital saat ini, lanjut Zainut, sangat memungkinkan semua pihak dapat berinteraksi dan berselancar di dunia maya. Di sana peran dari pemuka agama maupun ormas keagamaan untuk menjaga umat agar tetap mendapat pemahaman Islam yang baik.

"Kaum muda Muslim urban saat ini sangat terampil memanfaatkan media sosial untuk berbagai tujuan, termasuk tujuan-tujuan penguatan nilai-nilai ideologis dan keagamaan," pungkasnya.sinpo

Komentar: