Dewan Pers SinPo

Presiden China Xi Jinping Bakal Hadir di KTT G20 Bali

Laporan: Bayu Primanda
Sabtu, 12 November 2022 | 13:42 WIB
Presiden China Xi Jinping/AP
Presiden China Xi Jinping/AP

SinPo.id -  Presiden China Xi Jinping dikabarkan akan menghadiri KTT Kelompok 20 (G20) ke-17 di Bali, Indonesia, pada 14-17 November mendatang. Kehadiran Xi dalam moment itu atas undangan Presiden Joko Widodo.

Kehadiran Xi dikonfirmasi Juru bicara Kementerian Luar Negeri Hua Chunying dalam pengumumannya, Sabtu, 12 November 2022.

"Xi juga akan menghadiri Pertemuan Pemimpin Ekonomi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (Asia-Pacific Economic Cooperation/APEC) ke-29 di Bangkok, Thailand, sekaligus mengunjungi negara itu atas undangan Perdana Menteri Kerajaan Thailand Prayut Chan-o-cha pada 17 hingga 19 November," kata Hua dilansir dari kantor berita Xinhua.

Menurut Hua, di sela-sela KTT G20 dan Pertemuan Pemimpin Ekonomi APEC, Xi akan mengadakan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin, di antaranya Presiden Prancis Emmanuel Macron, Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Presiden Senegal Macky Sall, dan Presiden Argentina Alberto Fernandez, berdasarkan permintaan.

Dalam sebuah konferensi pers harian, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengungkapkan bahwa KTT G20 Bali adalah KTT multilateral pertama yang akan dihadiri oleh pemimpin tertinggi China setelah suksesnya penyelenggaraan Kongres Nasional Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC) ke-20.

"Di tengah percepatan perubahan global dan pandemi yang masih berlangsung, yang keduanya belum pernah terjadi dalam satu abad terakhir, dan dengan ekonomi dunia yang sedang menurun, pembangunan global dihadapkan pada berbagai tantangan," ungkap Zhao dalam konferensi persnya, Sabtu, 12 November 2022.

Dalam konteks ini, negara-negara anggota G20, forum utama kerja sama ekonomi internasional, harus memperkuat solidaritas dan kerja sama, mengoordinasikan kebijakan makroekonomi, dan bekerja bersama untuk pertumbuhan ekonomi dunia yang kuat, berkelanjutan, inklusif, dan seimbang, tuturnya.

Zhao mengatakan China mendukung kepresidenan G20 Indonesia. Dengan mengusung tema "Pulih Bersama, Bangkit Perkasa" (Recover Together, Recover Stronger).

"Diharapkan semua pihak bekerja untuk membangun konsensus dan memajukan kerja sama dalam mendorong pemulihan ekonomi global dan mengimplementasikan Agenda Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan," tutur Zhao.
sinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
Koran Sin Po edisi 14 Januari 1939 menulis berita “Super Microscoop”. Laporan tekhnologi itu menyebutkan laboratorium Jtlectron-Optisch dari Siemens & Halske di Duitschland telah telah mengumumkan satu temuan tekhnologi yang mampu melihah micro-organisme dan benda micro-inorganisch yang disebut alat super-microscoop.
- Koran Sin Po
BERITATERPOPULER
07