Distamhut DKI Diminta Pangkas Pohon Rawan Tumbang Di Seantero Jakarta

Laporan: Zikri Maulana
Sabtu, 12 November 2022 | 14:18 WIB
Upaya pemangkasan pohon rawan tumbang/dok: Pemprov DKI
Upaya pemangkasan pohon rawan tumbang/dok: Pemprov DKI

SinPo.id -  Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI melakukan pemangkasan terhadap pohon yang sudah tua dan rawan tumbang agar tidak menimbulkan bencana saat cuaca ekstrem. 

Hal tersebut menyusul adanya insiden pohon tumbang di kawasan Balaikota DKI Jakarta yang menyebabkan beberapa mengalami luka-luka, dan puluhan sepeda motor rusak akibat tertimpa pohon berdiameter 70 cm tersebut. 

"Sudah diperintahkan (Distamhut), untuk mengecek ke semua pohon sekitar Balai Kota," ucap Heru kepada wartawan melalui pesan singkatnya, dikutip Sabtu 12 November 2022. 

Sementara itu, Kepala Distamhut DKI Jakarta, Suzi Marsitawat mengatakan pihaknya tengah melakukan penopingan (penebangan) secara rutin, khususnya terhadap pohon yang sudah tua dan rimbun di wilayah DKI Jakarta. 

"Penopingan dilakukan secara rutin terutama terhadap pohon tua/rimbun, dilaksanakan oleh Dinas dan suku Dinas di 5 wilayah kota," kata Suzi. 

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI imbau masyarakat untuk siap siaga hadapi musim hujan. Terutama untuk mengantisipasi bencana hidrometeorologi, seperti banjir, pohon tumbang, angin kencang, hingga tanah longsor.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji menuturkan, kondisi cuaca ekstrem diperkirakan masih akan berlangsung hingga akhir tahun 2022, dan puncaknya diperkirakan akan terjadi pada bulan Januari-Februari 2023. 

"Menurut data Pusdatin Kebencanaan BPBD DKI, terjadi sebanyak 24 kejadian pohon tumbang dengan rincian, Jakarta Selatan sebanyak 23 kejadian dan Jakarta Utara sebanyak 1 kejadian dalam kurun waktu 3-9 November 2022," kata Isnawa dalam keterangannya, Jumat 11 November 2022. sinpo

Komentar: