Moeldoko Pastikan Keamanan KTT G20 di Bali Memadai

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 13 November 2022 | 16:15 WIB
Moeldoko/KSP.go.id
Moeldoko/KSP.go.id

SinPo.id -  Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko memastikan persiapan sistem keamanan menjelang Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 sudah memadai. 

Hal itu karena Indonesia sudah banyak pengalaman untuk melakukan keamanan di sejumlah agenda internasional.

Salah satunya, saat dirinya masih menjabat sebagai panglima TNI dalam melakukan pengamanan agenda Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC). Hal itu membuat persiapan keamanan G20 dirasa telah cukup.

“Saya lihat gelaran kekuatan kita cukup memadai, komunikasi dengan satuan keamanan dibawa oleh Kepala Negara juga sudah berjalan baik, sehingga saya harapkan tidak ada persoalan yang signifikan,” Kata Moeldoko dalam keterangannya yang diterima, Minggu, 13 November 2022.

Meski begitu, Moeldoko mengatakan bahwa tentunya Pemerintah akan tetap antisipatif, khususnya terhadap potensi ancaman yang ada. Sebab, tidak menutup kemungkinan adanya ancaman bersifat undirect seperti ancaman non-militer.

Namun, Moeldoko menilai, potensi tersebut dapat teratasi dengan dibuatnya peta pergerakan kelompok yang selama ini telah diawasi oleh aparat kelompok.

“Bahkan, dari kelompok-kelompok teroris sudah kami baca semua potensinya, kami berharap pelaksanaan ini semuanya bisa lancar,” ujarnya.

Di sisi lain, Moeldoko juga menyebutkan untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas sekaligus memudahkan mobilitas para delegasi dan kepala negara agar tidak terjebak kemacetan, maka diterapkan sejumlah kebijakan.

Selain memutuskan penerapkan skema rekayasa lalu lintas ganjil genap dan pembatasan operasional angkutan barang. Juga tengah diwacanakan untuk melakukan clear area untuk jalur lintasan Delegasi menuju lokasi terselenggaranya G20.

“Saya pikir jauh hari ini sudah dipikirkan, handicap dari perjalanan sudah dipikirkan, jalan sudah diperlancar, aparat sudah bekerja dengan baik untuk mengurai kemacetan,” pungkas Moeldoko.
sinpo

Komentar: