Dewan Pers SinPo

Hasil Survei Calon Ketum PSSI: Erick Thohir Tempati Urutan Pertama, La Nyalla Kembali Muncul

Laporan: Sinpo
Minggu, 13 November 2022 | 23:26 WIB
Erick Tohir (SinPo.id/Dok)
Erick Tohir (SinPo.id/Dok)

SinPo.id -  Menteri BUMN, Erick Thohir, menempati urutan pertama calon ketua umum PSSI baru. Ini berdasarkan hasil survei lembaga survei Indikator Politik Indonesia pada 30 Oktober-5 November 2022.

"Secara umum Erick unggul dari semua demografi, Minang juga unggul dia. Intinya, Erick unggul tapi keunggulannya masih di bawah 50%," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, dalam konferensi pers, pada Minggu 13 November 2022. 

Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei tentang reformasi PSSI usai Tragedi Kanjuruhan. Selain Erick Thohir, muncul tujuh nama lainnya yang dinilai pantas menjadi Ketua Umum PSSI baru.
 
Survei mewawancarai 1.220 responden secara tatap muka. Metode penarikan sampel menggunakan multistage random sampling. Sampel berasal dari seluruh Provinsi yang terdistribusi secara proporsional, dengan asumsi metode simple random sampling, margin of error (MoE) survei sekitar 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%. Adapun, populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei ini dilakukan.

Responden diberi pertanyaan yang berbunyi, 'di antara nama-nama berikut, menurut Ibu/Bapak siapa yang paling pantas menjadi Ketua Umum PSSI?... (%)'. Berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia, sebanyak 24,1% responden memilih Erick Thohir sebagai sosok yang pantas menjadi Ketum PSSI. Kemudian, disusul oleh Najwa Shihab 10,4% dan Kaesang Pangarep 5,8%.

Adapun, nama Ketum PSSI pertahana, Mochamad Iriawan berada di urutan keempat sebanyak 5,4%. Berikut rinciannya:

1. Erick Thohir: 24,1%
2. Najwa Shihab: 10,4%
3. Kaesang Pangarep: 5,8%
4. Mochamad Iriawan (Iwan Bule): 5,4%
5. M Mahfud MD: 4,9%
6. Azrul Ananda 3,0%
7. La Nyalla Mattalitti: 2,1%
8. Ratu Tisha Destria: 1,3%
9. Lainnya: 0,4%
10. tak tahu: 42,7%

Selanjutnya, simulasi calon Ketum PSSI dikerucutkan menjadi 3 nama, yaitu Erick Thohir, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti dan Ketum PSSI pertahana, Iwan Bule. Hasilnya, Erick Thohir kembali unggul. Berikut rinciannya:

1. Erick Thohir: 40%
2. La Nyalla Mattalitti: 5,1%
3. Iwan Bule: 8,4%
4. 46,5% tak menjawab

"Ini 3 nama juga tidak ada perubahan berarti, pemilih Najwa Shihab dan lain-lain yang tidak ada di simulasi 3 nama cenderung lari ke Erick Thohir, dibandingkan ke La Nyalla atau Iwan Bule," jelas Burhanuddin.

Lalu, bagaimana dengan simulasi tokoh yang paling pantas menjadi Ketum PSSI secara head to head (2 nama)? Begini hasilnya:

Erick Thohir vs La Nyalla:
1. 45,4% Erick Thohir
2. 6,2% La Nyalla Mattalitti
3. 48,4% tak menjawab

Erick Thohir vs Iwan Bule:
1. 43,8% Erick Thohir
2. 9,3% Iwan Bule
3. 46,8% tak menjawab

"Kalau mau di head to head kan, kalau lawannya La Nyalla, Erick Thohir menang telak di mata warga. Lawan Iwan Bule juga lebih telak," ujarnya.

Indicator Survey: 60.2% of Respondents Agree PSSI Level Up Resignssinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
Koran Sin Po edisi 14 Januari 1939 menulis berita “Super Microscoop”. Laporan tekhnologi itu menyebutkan laboratorium Jtlectron-Optisch dari Siemens & Halske di Duitschland telah telah mengumumkan satu temuan tekhnologi yang mampu melihah micro-organisme dan benda micro-inorganisch yang disebut alat super-microscoop.
- Koran Sin Po
BERITATERPOPULER