Penerapan Tilang Elektronik, Dirlantas Polda Metro Jaya: Ajak Kedewasaan Pengendara

Laporan: Sinpo
Senin, 14 November 2022 | 04:31 WIB
Kamera ELTE/net
Kamera ELTE/net

SinPo.id -  Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman menilai upaya menutup plat nomor kendaraan menggunakan lakban merupakan upaya melakukan pelanggaran. Menurut dia, kehadiran tilang elektronik dalam penindakan pelanggar lalu lintas merupakan bentuk ajakan bersikap dewasa kepada pengendara.

“Adanya tilang elektronik ini untuk mengajak kedewasaan. Sengaja menutupi plat nomornya itu berarti sengaja mau melanggar. Nah ini tentunya sangat membahayakan. Tapi sebetulnya ini menandakan masyarakat kurang sadar. Sebetulnya kalau masyarakat sudah tertib, ya nggak perlu ditutupin segala," kata dia, saat dihubungi, pada Sabtu 12 November 2022. 

Fenomena yang terjadi di masyarakat yakni banyak yang berusaha menghindari tertangkapnya mereka dari pelanggaran lalu lintas yang dilakukan melalui plat nomernya.

“Memang fenomena yang terjadi karena masyarakat tahu bahwa kita sekarang penindakan menggunakan tilang elektronik, dimana tilang elektronik itu yang dicapture adalah pelanggarannya dan plat nomornya. Sehingga mereka berusaha untuk menghindar. Ini yang menjadi pembelajaran buat kita semua, kalau mereka tertib ya tidak ada masalah,” tandasnya.sinpo

Komentar: