Puan Maharani Diprotes Gegara ke Itaewon, PDIP: Bukan Lebih Cinta Korea Daripada Indonesia

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 14 November 2022 | 23:40 WIB
Puan Maharani meletakkan karangan bunga di lokasi tragedi Itaewon (DPR RI)
Puan Maharani meletakkan karangan bunga di lokasi tragedi Itaewon (DPR RI)

SinPo.id -  Ketua DPR RI, Puan Maharani disorot karena mendatangi lokasi tragedi pesta Halloween di Itaewon, Seoul, Korea Selatan. Menurut Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Bambang Wuryanto (Bambang Pacul) Puan ke Korea bukan untuk memberi ucapan belasungkawa atas tragedi Itaewon.

"Ke sana itu bukan untuk ke Itaewon, karena ke sana dalam rangka penganugerahan doktor honoris causa bidang politik Mbak Puan. Dalam pidatonya juga sudah menyatakan rasa belasungkawanya," kata Bambang Pacul di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 14 November 2022.

Kunjungan itu disorot karena Puan belum juga mengunjungi lokasi petaka Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur (Jatim). Bambang menilai kritikan terhadap Puan salah alamat. Dia menilai publik salah mengartikan kedatangan Puan ke Korsel. 

Bambang Pacul pun mengungkapkan alasan Puan tidak mengunjungi lokasi petaka Kanjuruhan. Menurut dia, DPR RI sudah berbicara mengenai petaka Kanjuruhan.

Komisi III DPR RI bahkan sudah berkunjung langsung ke lokasi petaka Kanjuruhan. Sehingga, kata dia, kunjungan Puan ke lokasi tragedi Itaewon itu tidak bisa diartikan jika pimpinan DPR lebih mencintai Korsel ketimbang Indonesia.

"Kok tidak ke Kanjuruhan? Kemarin sudah ngomong, Komisi III DPR juga sudah ngomong, bukan kemudian lebih cinta Korsel daripada Indonesia, you are wrong. Anda salah. Ini mereka tidak meletakkan pada konteksnya, karena kita sudah sampai ke sana ya sekalian," kata Ketua Komisi III DPR RI itu.

Bambang Pacul belum bisa memastikan apakah Puan akan berkunjung langsung ke lokasi petaka Kanjuruhan atau tidak. "Itu silakan ditanyakan ke Mbak Puan," kata dia.

Sebelumnya, Ketua DPR Puan Maharani bertemu dengan Ketua Majelis Nasional Korea Selatan (Korsel), Kim Jin-pyo, dalam lawatannya ke negeri ginseng. Kim baru saja dilantik sebagai Ketua DPR Korsel pada Oktober 2022. Pertemuan bilateral antara Puan dan Kim Jin-pyo digelar di National Assembly of the Republic of Korea (Gedung Kantor DPR Korsel) yang berada di Seoul, Rabu, 9 November 2022.

Mengawali pertemuannya, Puan menyampaikan dukacitanya atas tragedi Itaewon yang menewaskan sedikitnya 156 orang saat perayaan Halloween. Puan kemudian menyinggung Indonesia juga sempat mengalami peristiwa serupa saat pertandingan sepak bola di Stadion Kanjuruhan, Malang.

“Saya ingin mengucapkan belasungkawa yang mendalam atas tragedi yang terjadi Itaewon pada tanggal 29 Oktober 2022. Tragedi serupa juga terjadi di Indonesia, di stadion Kanjuruhan, awal bulan Oktober lalu,” kata Puan melalui keterangan tertulis.

--sinpo

Komentar: