Biden dan Xi Jinping Bertemu di Bali, Bahas Kolaborasi AS-China untuk Hadapi Tantangan Global

Laporan: Sinpo
Selasa, 15 November 2022 | 00:09 WIB
AFP via Getty Images/SAUL LOEB
AFP via Getty Images/SAUL LOEB

SinPo.id -  Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping menggelar pertemuan bilateral menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Ini merupakan pertemuan pertama setelah lima tahun tak bertemu. 

"Saya sangat senang dapat bertemu anda secara langsung. Saya rasa ini merupakan kesempatan yang baik sejalan dengan komitmen saya untuk selalu menjaga komunikasi yang baik dengan anda," ujar Biden di Hotel Mulia, dikutip langsung dari laman resmi pemerintah Amerika Serikat, pada Senin 14 November 2022. 

Biden dan XI bersepakat untuk membuka ruang dialog ke depan untuk membahas tantangan dunia ke depan. Biden mengapresiasi pertemuan keduanya. Menurut Biden ini merupakan langkah awal bagi pertemuan selanjutnya. Terutama, pembahasan tentang tantangan dunia saat ini dan upaya bersama Amerika dan China untuk menyelesaikan tantangan dunia saat ini.

Biden menilai saat ini dunia global dihadapkan pada tantangan seperti perubahan iklim, ketahanan energi serta ketahanan pangan. Menurut Biden tantangan ini bisa dipecahkan dengan kolaborasi antara dirinya dan Xi sebagai kepala negara.

"Saya percaya dunia mengharapkan Amerika dan Cina memainkan peran kunci dalam mengatasi tantangan global saat ini," ujar Biden.

Sementara itu, Presiden China Xi Jinping mengapresiasi pertemuan langsung dengan Biden. Xi menyatakan, pertemuan terakhir mereka berlangsung pada World Economic Forum di Davos, lima tahun lalu.

"Kami melakukan banyak komunikasi baik dari konferensi video maupun surat. Namun memang tidak ada yang lebih berharga dibandingkan pertemuan tatap muka seperti ini," ujar Xi.

Xi menegaskan bahwa hubungan diplomatik antara Cina dan Amerika saat ini sudah memasuki usia 50 tahun. Banyak hal yang bisa terus diambil manfaatnya dari hubungan bilateral yang sehat ini.

Xi mendorong adanya komunikasi lanjutan antara dirinya dan Biden. Kata dia, sebagai dua pemimpin negara besar keduanya perlu memetakan arah yang tepat untuk hubungan antara Cina dan Amerika ke depan.

"Kita perlu menemukan arah yang tepat untuk hubungan bilateral ke depan dan meningkatkan hubungan,\" kata Xi.

Xi sepakat, bahwa saat ini dunia sedang menghadapi tantangan besar. Menurut Xi, dengan kerjasama yang baik antara Cina dan Amerika kedepan bisa membawa harapan bagi perdamaian dunia maupun stabilitas global.

"Melalui pertemuan ini kami siap melakukan pertukaran pandangan yang lebih mendalam terhadap isu isu strategis antara Cina dan Amerika. Terutama juga hubungannya dengan isu isu global dan regional," kata Xi.

Xi dan Biden sepakat untuk keduanya membawa kembali hubungan kedua negara ke arah yang lebih baik sehingga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi global yang lebih sehat dan stabil untuk kepentingan dunia secara keseluruhan.sinpo

Komentar: