Bawa Kopi Hambalang, Gerindra: Pak Bowo Promosikan Produk Dalam Negeri

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 15 November 2022 | 11:01 WIB
Prabowo saat menyeruput kopi Hambalang/Tim Media Prabowo
Prabowo saat menyeruput kopi Hambalang/Tim Media Prabowo

SinPo.id -  Partai Gerindra menilai langkah Prabowo Subianto (Pak Bowo) yang mempromosikan kopi Hambalang di forum pangan dunia patut diacungi jempol. Apalagi, produk yang dipromosikan hasil dalam negeri.

"Nah saya pikir tentunya ini hal yang positif bagi kita memperkenalkan produk bangsa Indonesia kepada tamu-tamu internasional," kata Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 15 November 2022.

Menurut Dasco, promosi kopi Hambalang itu dilakukan Pak Bowo secara spontan. Pak Bowo, kata dia, hanya ingin memamerkan kopi yang sehari-hari diminum.

"Ya ini kan sponanitas kopi yg sehari-hari diminum, saya pikir tidak ada tujuan-tujuan tertentu apalagi motif-motif politik. Ini hanya spontanitas," kata dia.

Dasco menyebut tidak ada yang salah dengan promosi tersebut. Pak Bowo bahkan bisa mengenalkan produk-produk dalam negeri yang lain di forum internasional.

"Dan tentunya bukan hanya kopi Hambalang tentu masih banyak kopi-kopi lain produk-produk lain sejenis yang juga nanti bisa diperkenalkan kepada tamu-tamu luar negeri," kata dia.


Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto sebelumnya menjadi salah satu pembicara dalam Global Food Security Forum di Nusa Dua, Bali, pada Minggu, 13 November 2022. Di sela-sela seminar internasional tersebut, Prabowo bahkan sempat membawa kopi Hambalang.


Kopi spesial racikan ala Prabowo merupakan favoritnya. Mulanya, moderator diskusi, Desi Anwar, mengundang dan memperkenalkan para pembicara dalam forum tersebut. Setelah semuanya duduk di kursinya masing-masing dan sebelum acara dimulai, Prabowo terlihat memanggil seseorang di kiri panggung untuk mengantarkannya sesuatu.

"Mari kita bertepuk tangan semua untuk pembicara kita," ucap Desi.

Melihat Prabowo, Desi lantas meminta kepada panitia menyiapkan minuman kepada Prabowo. Pun mengonfirmasinya kepada Prabowo.

"Bapak Menteri Prabowo ingin meminta air," katanya kepada panitia. "Anda ingin air?" tanya Desi kepada Prabowo.

"Tidak, tidak, saya punya kopi spesialku sendiri," jawab Prabowo.

"Oke," balas Desi.

Sembari menyentuh kepalanya, Prabowo melanjutkan, meminum kopi dapat menstimulusnya.

"Meminum kopi dapat membuat saya berpikir," sahut eks Danjen Kopassus itu.
sinpo

Komentar: