Pertemuan Anies-Gibran, NasDem: Bagus, Menjaga Kedewasaan Silaturahmi

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 15 November 2022 | 20:05 WIB
Anies Baswedan saat bertemu Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming/ Instagram Anies Baswedan
Anies Baswedan saat bertemu Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming/ Instagram Anies Baswedan

SinPo.id - Partai NasDem menilai pertemuan Anies Baswedan dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Solo, Jawa Tengah, hal positif. Kedua tokoh itu dinilai menunjukkan kedewasaan dalam bersilaturahmi.

"Itu kan bentuk kedewasaan berpolitik Mas Gibran dan Anies. Kompetisi tetap berjalan antara mereka, kompetisi bisa saja terjadi antara mereka tapi kedewasaan silaturahmi itu harus tetap terjaga," kata Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali saat dihubungi SinPo.id, Selasa, 15 November 2022.

Ahmad Ali justru mempertanyakan adanya pihak yang keberatan dengan pertemuan tersebut. Padahal, baik Anies maupun Gibran tengah sama-sama membangun politik yang sejuk.

"Ya bagus lah, enggak ada yang salah dengan pertemuan itu," kata dia.

Anggota Komisi III itu menegaskan tak ada agenda politik dari pertemuan Anies dengan Gibran. Pertemuan itu berlangsung karena keduanya ingin menghadiri acara yang sama, yaitu Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di area Masjid Ar Riyadh, Pasar Kliwon, Solo.

Oleh karena itu, Ahmad Ali mengajak semua pihak tidak memandang buruk pertemuan keduanya. Para elite politik justru harus mendukung cara-cara Anies dan Gibran menjain silaturahmi.

"Saya tidak melihat perspektif itu, poinnya adalah dari pertemuan itu adalah pelajaran buat kita semua untuk saling dewasa, untuk saling respect, untuk saling menjaga silaturahmi dalam kontestasi politik. Jadi tidak ada urusan kepartaian menurut saya," tegas Ahmad Ali.

Sebelumnya, Anies menggelar pertemuan dengan Gibran dalam kunjungannya ke Solo, Jawa Tengah. Keduanya sempat sarapan bersama sebelum menghadiri acara Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di area Masjid Ar Riyadh, Pasar Kliwon, Solo.

Anies Baswedan bahkan memuji perkembangan Kota Solo yang makin tertib dan rapi sejak dipimpin Gibran. "Pagi ini senang bisa silaturahmi dengan Pak Wali Kota. Alhamdulilah melihat Solo rapi, bersih, tertib," kata Anies usai sarapan bersama dengan Gibran.

Dia berharap Solo dapat terus maju dan berkembang. Pada pertemuan tersebut, keduanya juga membahas sejumlah hal, salah satunya berbagi pengalaman dalam memimpin sebuah daerah.

"Kami saling sharing pengalaman, sama-sama pernah bertugas mengelola sebuah kota. Di Jakarta walaupun namanya gubernur, sesungguhnya itu juga sebuah kota tapi besar. Sama dengan Solo juga begitu," katanya.sinpo

Komentar: