Senayan Ingatkan Banyak Panwaslu Daerah Terpilih Lewat KKN

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 15 November 2022 | 19:58 WIB
Kantor Bawaslu. (SinPo.id/Dok)
Kantor Bawaslu. (SinPo.id/Dok)

SinPo.id -  Badan Pengawas Pemilihan Umum atau Bawaslu diingatkan adanya panitia pengawas pemulihan umum (panwaslu) daerah banyak terpilih karena praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). Hasilnya banyak SDM yang terpilih menjadi Panwaslu justru yang tidak berkualitas sehingga layak menjadi bahan evaluasi.

"Tapi praktik di lapangan Pak, yang terpilih Panwaslu banyak dasarnya KKN, yang tidak paham, ini praktik kok, di lapangan banyak itu Pak, tolong ini dikoreksi Pak Ketua dan teman-teman Komisioner,” kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang, saat rapat dengar pendapat bersama Bawaslu di ruang rapat Komisi II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 15 November 2022.

Ia mengatakan banyak juga Bawaslu di daerah yang tidak tunduk kepada Bawaslu pusat.

"Kenapa demikian? Transaksional pak, saya punya bukti banyak kalau mau, saya mau lapor polisi pak, dikutipin itu Pak Bagja, tolong dicermati lah," kata Junimart menambahkan.

Junimart menyampaikan, Komisi II DPR sebetulnya selalu memberikan saran kepada Bawaslu terkait SDM. Banyak rekomendasi SDM dari Komisi II DPR yang baik untuk Bawaslu. Ia minta jangan sampai jabatan Bawaslu dan KPU jadi ajang transaksional dan bekerja untuk mencari kekayaan.

"Kami tak mau, kami ingin penyelenggara Pemilu itu bersih semua. Jadi tak segampang orang bisa jadi ketua Bawaslu Provinsi, ketua Bawaslu Kabupaten Kota dan Panwaslu,” kata Junimart menegaskan.sinpo

Komentar: