Dewan Pers SinPo

Terima Keluhan Saldo Penumpang TransJakarta Terpotong Dua Kali, Jak Lingko Refund Rp 11 Juta

Laporan: Zikri Maulana
Rabu, 16 November 2022 | 01:00 WIB
JakLingko (Jakarta.go.id)
JakLingko (Jakarta.go.id)

SinPo.id -  Direktur Utama PT JakLingko Indonesia Muhamad Kamaluddin menyampaikan, saat ini pihaknya terus melakukan perbaikan teknis terkait kendala yang dialami pengguna layanan Transjakarta perihal kejadian double deduct pada sistem tap in dan tap out.

Kamal menyebutkan, pada awal penerapan sistem tersebut yakni 4 Oktober sampai dengan Selasa 15 November 2022 kemarin, tercatat 1.338 keluhan yang dilaporkan pada JakLingko dan teridentifikasi pada database transaksi di JakLingko Indonesia.

Kendati demikian, Kamaluddin mengklaim jumlah keluhan semakin berkurang sejalan dengan perbaikan teknis dan sistem yang dilakukan oleh JakLingko di lapangan.

"total refund yang berhasil dikembalikan sejumlah 3.464 transaksi senilai total Rp 11.640.000, untuk para pengguna tersebut," ujar Kamaluddin dalam keterangan resminya, dikutip Rabu 16 November 2022.

Kamaluddin mengatakan, jumlah refund tersebut lebih besar dari keluhan yang ada, dikarenakan ada beberapa pengguna yang mengalami lebih dari satu kali kejadian double deduct saat menggunakan layanan.

Selain itu, Kamaluddin mengaku, setiap harinya keluhan yang tercatat di JakLingko Customer Care semakin menurun yakni kurang dari 20 laporan per hari. Dan laporan yang masuk mayoritas ialah pelanggan yang menfollow-up proses refund atas laporan mereka sebelumnya.

"Oleh karenanya, kami mohon agar pelanggan bersabar, karena seluruh permohonan refund yang berhasil terverifikasi akan diproses pengembaliannya sesuai antrian," katanya.

Lebih lanjut, Kamaluddin menjelaskan saat ini, sistem integrasi JakLingko setiap harinya melakukan pemprosesan rata-rata 362.551 dari tiga operator, yaitu Transjakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta. Namun kejadian double deduct tidak pernah terjadi di operator MRT Jakarta dan LRT Jakarta.

"Selanjutnya, jika masih ada pelanggan yang mengalami kejadian double deduct, mohon dapat segera melaporkannya ke JakLingko Customer Care pada nomor 0812-6000-1440," kata dia.

Kamaluddin juga menyampaikan, apabila kejadian tersebut diverifikasi masih terjadi, maka pelanggan berhak mendapatkan refund atas transaksi tersebut melalui tiga pilihan cara pengembalian yaitu melalui aplikasi JakLingko, transfer bank, atau transfer dompet elektronik. sinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
Koran Sin Po edisi 14 Januari 1939 menulis berita “Super Microscoop”. Laporan tekhnologi itu menyebutkan laboratorium Jtlectron-Optisch dari Siemens & Halske di Duitschland telah telah mengumumkan satu temuan tekhnologi yang mampu melihah micro-organisme dan benda micro-inorganisch yang disebut alat super-microscoop.
- Koran Sin Po
BERITATERPOPULER
07