Dewan Pers SinPo

Presiden Ukraina Hadiri KTT G20 Secara Virtual Bahas Syarat Akhiri Perang

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 16 November 2022 | 11:31 WIB
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy/dok: Twitter
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy/dok: Twitter

SinPo.id -  Di bawah ancaman boikot Barat untuk mengecualikan Presiden Rusia Vladimir Putin, dalam KTT G20, Presiden Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi mengundang Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, meskipun Ukraina bukan anggota kelompok tersebut.

Zelenskyy yang hadir secara virtual dari Ukraina, diberikan kesempatan berbicara kepada para pemimpin G20 agar dapat menguraikan serangkaian persyaratan yang diperlukan untuk mengakhiri invasi Rusia di Ukraina.

Sementara ada beberapa negara non-anggota lainnya yang juga diundang sebagai pengamat, termasuk di antaranya Spanyol, Belanda, Singapura, dan Uni Emirat Arab.

"Rusia harus menegaskan kembali integritas teritorial Ukraina, menarik pasukannya dari wilayah Ukraina dan membayar kompensasi atas kerusakan yang ditimbulkan," kata Zelenskyy dalam pertemuan tersebut, dilansir dari VoA, Rabu 16 November 2022.

Meski Putin tidak dihadirkan, namun Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov berada di ruangan ketika Zelenskyy berbicara dan mengatakan kepada wartawan bahwa Ukraina menolak  terlibat dalam pembicaraan damai dan mengusulkan kondisi perdamaian yang tidak realistis.

Meski demikian, Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Presiden China Xi Jinping menyerukan penghormatan terhadap integritas dan kedaulatan teritorial Ukraina.sinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
Koran Sin Po edisi 14 Januari 1939 menulis berita “Super Microscoop”. Laporan tekhnologi itu menyebutkan laboratorium Jtlectron-Optisch dari Siemens & Halske di Duitschland telah telah mengumumkan satu temuan tekhnologi yang mampu melihah micro-organisme dan benda micro-inorganisch yang disebut alat super-microscoop.
- Koran Sin Po
BERITATERPOPULER
07