NATO Bakal Merespon Ledakan Roket di Polandia

Laporan: Bayu Primanda
Rabu, 16 November 2022 | 14:13 WIB
NATO/Kemenkominfo
NATO/Kemenkominfo

SinPo.id -  Negara-negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dan G7 pada Rabu, 17 November 2022 mengatakan bahwa mereka akan berkomunikasi intensif untuk memutuskan kemungkinan mengenai respons terhadap ledakan yang disebabkan oleh sebuah roket yang jatuh di Polandia.

Roket tersebut jatuh di daerah perbatasan Polandia dekat Ukraina dan menewaskan dua orang.

Pernyataan bersama anggota NATO dan G7 itu menyusul pertemuan darurat yang diadakan di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali, untuk mendiskusikan tentang ledakan di Polandia yang merupakan anggota NATO.

"Kami sepakat untuk tetap melakukan komunikasi dekat untuk menentukan langkah-langkah selanjutnya bersamaan dengan investigasi yang mulai dilakukan," kata para pemimpin Amerika Serikat, Uni Eropa, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Spanyol, dan Inggris dalam sebuah pernyataan bersama.

"Kami memberikan dukungan penuh dan bantuan untuk investigasi di Polandia yang tengah berlangsung," kata para pemimpin negara itu.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Rusia telah membantah bahwa rudal Rusia jatuh menghantam wilayah Polandia dan menggambarkan laporan tersebut sebagai provokasi yang disengaja yang bertujuan untuk meningkatkan ketegangan.

Menurut laporan Reuters, belum ada bukti konklusif yang menunjuk siapa pelaku di balik ledakan tersebut.

Adapun pemerintah Polandia telah memanggil Duta Besar Rusia di Warsawa untuk meminta penjelasan. sinpo

Komentar: