DPRD Sepakati Anggaran Program Apresiasi dan Kompetisi Seni Pelajar Senilai Rp690 Juta

Laporan: Zikri Maulana
Kamis, 17 November 2022 | 10:36 WIB
Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta, Iman Satria/ Dok. DPRD DKI
Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta, Iman Satria/ Dok. DPRD DKI

SinPo.id - Program Apresiasi dan Kompetisi Seni Pelajar Tingkat TK, SD, SMP dan SMA yang diajukan Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta dalam Rancangan APBD Tahun 2023, telah ditetapkan Komisi E DPRD DKI sebesar Rp690 juta. 

Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta, Iman Satria menilai program tersebut sangat baik, karena fokus untuk meningkatkan pembekalan minat dan bakat para siswa. Sehingga, diharapkan semakin banyak peserta didik yang masuk melalui jalur prestasi akademik dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

“Maka dari itu, program ini harus kita adakan. Supaya anak-anak yang usianya muda, tetapi sudah punya sertifikasi. Jadi bisa langsung masuk (PPDB),” ujar Iman dalam keterengan resminya, Kamis 17 November 2022. 

Menurut Iman, program ini juga dapat dijadikan ajang untuk mengoptimalkan minat dan bakat siswa di bidang kesenian. Anggaran tersebut dialokasikan untuk enam Suku Dinas Kebudayaan Kota dan Kabupaten berdasarkan penambahan variabel lomba yakni, menggambar, tari kreasi, paduan suara, musikalisasi puisi, dan vokal grup.

Dengan rincian, Jakarta Pusat sebesar Rp321 juta, Jakarta Timur sebesar Rp306 juta, Jakarta Selatan sebesar Rp296 juta, Jakarta Barat sebesar Rp370 juta, Jakarta Utara sebanyak Rp393 juta dan Kepulauan Seribu senilai Rp312 juta.

“Tentunya dengan penambahan kegiatan akan ada penambahan cost (biaya), ada penambahan belanja. Jadi ini kita patokin saja supaya sama,” kata Iman.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana memberikan apresiasi kepada Komisi E yang telah menyetujui program usulan tersebut. Ia mengaku bangga jika program tersebut menjadi salah satu acuan dalam PPDB melalui jalur prestasi Akademik. 

“Tentu saja untuk memudahkan para siswa atau peserta didik untuk mencari jalur-jalur prestasi melalui jalur seni dan budaya,” kata Iwan.

Kendati demikian, Iwan berharap terkait program usulan tersebut dapat dirasakan masyarakat agar lebih bahagia dan sejahtera. Selain itu, dapat membangkitkan kembali geliat kesenian dan kebudayaan di DKI Jakarta pasca pandemi Covid-19.

"Misalnya melakukan pembinaan seni budaya berbasis komunitas, membuat pagelaran festival dan juga karnaval, kemudian juga memeriahkan pesta demokrasi yang akan disiapkan di tahun 2024,” tutur Iwan. sinpo

Komentar: