FKM PPP Bakal Deklarasi Anies Capres, Golkar Tanggapi Santai

Laporan: Sinpo
Kamis, 17 November 2022 | 12:58 WIB
Politisi Partai Golkar Firman Soebagyo/ Parlementaria
Politisi Partai Golkar Firman Soebagyo/ Parlementaria

SinPo.id -  Forum Kabah Membangun (FKM) PPP direncanakan akan mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan untuk maju di Pilpres 2024. Seperti diketahui, PPP saat ini berada di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Partai Golkar dan PAN diketahui belum mendeklarasikan siapapun capres dan cawapresnya.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Firman Soebagyo menanggapi santai wacana deklarasi tersebut. Menurut dia, berbeda pandangan dan kepentingan dalam sebuah partai atau koalisi merupakan hal yang biasa terjadi.

"Bila PPP melalui FKM di daerah akan mendeklarasikan siapapun dicalonkan hal itu sah-sah saja. Posisi FKM kedudukanya dalam struktur partai kan juga harus jelas, punya kewenangan enggak?," kata Firman dalam keterangannya, Kamis 17 November 2022.

Firman menjelaskan, proses politik menuju pilpres sangat dinamis. Oleh karena itu, partai di tingkat daerah sah-sah saja mendeklarasikan calon-calon tertentu sebagai bentuk aspirasi kepada pimpinan pusat.

"Tetapi keputusan kan tetap di tingkat tertinggi pengambil keputusan partai. Tidak asal usulan dengan mempertimbangakan berbagai pertimbangan politik dan lainnya," ucapnya.

Tetapi, sambung Firman, dalam proses politik masing masing partai mempunyai dan perpedoman pada AD/ART dan aturan organisasi. Hal tersebut harus dipatuhi oleh semua elemen, jajaran anggota dan pengurus partai.

Adapun alasan KIB belum memutuskan capres dan cawapres yang akan diusung, kata Firman, lantaran masih ada sejumlah pertimbangan. KIB ingin mengusung capres yang terbaik untuk dimajukan dalam Pilpres 2024.

"Karena alih kepemimpinan kedepan di tahun 2024 capres tidak didasari politik 'identitas' dan popularitas saja, karena tantangan ekonomi global semakin berat. Maka selalu dipesankan Presiden Jokowi adalah calon pemimpin kedepan adalah menguasai ekonomi makro dan mikro dan berpengalaman," paparnya.

Namun demikian, Firman kembali menegaskan jika koalisi di KIB tetap solid sampai dengan pilpres untuk menuju kemenangan KIB di 2024.

Sebelumnya, Politikus senior PPP Habil Marati mengklaim deklarasi dukungan untuk Anies Baswedan yang digelar Forum Kabah Membangun (FKM) akan dihadiri sedikitnya lima ribu orang yang terdiri dara kader PPP, simpatisan, dan masyarakat umum. sinpo

Komentar: