Pengamat Yakin PDIP akan Mengusung Ganjar pada Pilpres 2024

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 18 November 2022 | 18:23 WIB
Direktur Eksekutif Voxpol Canter Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago/ SinPo.id/ Sigit Nuryadin
Direktur Eksekutif Voxpol Canter Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago/ SinPo.id/ Sigit Nuryadin

SinPo.id - Direktur Eksekutif Voxpol Canter Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menyebut jika pemilih PDI Perjuangan cenderung akan memilih Ganjar Pranowo sebagai calon presiden partai tersebut.

"Sebetulnya Bu Mega sudah tahu, karena basis pemilih Ganjar itu hampir sama, itu efeknya terhadap PDIP juga besar. Bahkan pemilih PDIP itu dominan memilih Ganjar," ujar Pangi kepada wartawan di Hotel Alia, Jakarta Pusat, Jumat, 18 November 2022.

Namun, Pangi menilai, ketua umum Megawati Soekarno Putri sengaja belum mengumumkan, untuk memastikan seluruh kader PDIP tetap tegak lurus dengan keputusan partai.

'Itu sudah ada sebetulnya, cuma ini kan testing the water, tes ombak saja, mana kader yang lurus, mana kader yang  nakal," ucal dia.

Menurut Pangi, PDIP tidak akan punya banyak pilihan selain mengusung Gubernur Jawa Tengah tersebut sebagai capres 2024, yang faktanya dari berbagai lembaga survei selalu dalam posisi tiga besar bersama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

"Dari data yang kita baca, artinya tidak ada pilihan lain dari PDIP. Mau siapa lagi gitu? Selain mas Ganjar," ungkap Pangi.

Lebih jauh, Pangi memandang, saat ini PDIP akan menggodok soal cawapres pendamping Ganjar yang potensial, agar peluang kemenangan lebih besar.

"Soal wakil ternyata ada juga realitas politik mengatakan wakil itu bisa lepas dari variabel tadi, logistik, partai dan elektabilitas," kata Pangi menjelaskan.sinpo

Komentar: