Ini Sejumlah Langkah Pemprov DKI Jakarta Menghadapi Cuaca Ekstrem

Laporan: Zikri Maulana
Sabtu, 19 November 2022 | 09:45 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Pemprov DKI telah menyiapkan berbagai langkah dalam menghadapi cuaca ekstrem yang berpotensi menimbulkan bencana banjir, pohon tumbang dan lainnya. Salah satunya langkah Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta, telah mengeruk secara rutin saluran air agar dapat mengurangi potensi bencana banjir. 

“Pertama saya minta Dinas SDA segera, setiap hari ngeruk saluran-saluran yang memang berpotensi untuk mengurangi banjir,” kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, Jumat 18 November 2022 kemarin.

Selain itu pemprov DKI bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi serta memastikan segala peralatan disiagakan untuk mengantisipasi potensi bencana yang dapat terjadi. 

“Berikutnya dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah juga mempersiapkan semuanya. Mudah-mudahan bisa kita lewati semuanya dengan baik,” ujar Heru menambahkan. 

Tercatat kondisi cuaca ekstrem diperkirakan masih akan berlangsung hingga akhir tahun 2022, dan puncaknya diperkirakan akan terjadi pada bulan Januari-Februari 2023. 

BPBD DKI Jakarta juga mengimbau masyarakat untuk siap siaga dalam menghadapi cuaca ekstrim. Terutama untuk mengantisipasi bencana hidrometeorologi, seperti banjir, pohon tumbang, angin kencang, hingga tanah longsor. 

 sinpo

Komentar: