Pesan Puan di Muktamar Muhammadiyah : Rawat Dan Majukan Indonesia

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 19 November 2022 | 12:45 WIB
Puan Maharani bersama siswa SMK Muhammadiyah, (SinPo.id/muhammadiyah.or.id)
Puan Maharani bersama siswa SMK Muhammadiyah, (SinPo.id/muhammadiyah.or.id)

SinPo.id -  Ketua DPR RI Puan Maharani berpesan agar Muhammadiyah terus berpartisipasi membantu membangun bangsa. Ini disampaikan Puan saat menghadiri pembukaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah-Aisyiyah di Solo, Jawa Tengah.

“Selamat Milad ke-110 Muhammadiyah. Teruslah memajukan Indonesia, serta ikut mencerahkan semesta, menjaga jati diri bangsa, Indonesia yang berketuhanan dan berkebudayaan," kata Puan usai pembukaan Muhtamar Muhammadiyah, Sabtu, 19 November 2022.

Menurut Puan, semangat pengabdian membuat Muhammadiyah terus bertahan dan berkembang. Ia mengatakan Muhammadiyah telah berpartisipasi aktif dan bergotong royong bersama komponen bangsa lain untuk mendirikan, merawat,

dan memajukan Indonesia.

“Kita patut mencontoh teladan Muhammadiyah dalam berdakwah yang dibarengi dengan tindakan amal nyata bagi masyarakat,” kata Puan menambahkan.

Puan menyebut Muhammadiyah mendirikan ratusan rumah sakit dan klinik untuk menjaga kesehatan masyarakat. Organisasi masa berbasis agama itu juga mendirikan ribuan sekolah sejak pendidikan dasar hingga perguruan tinggi dalam rangka mencerdaskan bangsa.

“Demi mensejahterakan masyarakat dan umat, Muhammadiyah mendirikan dan mengelola ribuan panti asuhan dan amal sosial lain serta amal usaha,” kata Puan.

Cucu Proklamator sekaligus Presiden pertama RI Sukarno itu lalu menyinggung soal sang kakek yang mengagumi pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan. Puan menyatakan Bung Karno kemudian berguru kepada KH Ahmad Dahlan dan menjadi anggota Muhammadiyah tahun 1938.

“Bung Karno mengabdikan diri kepada Muhammadiyah sebagai guru sekaligus ketua majelis pendidikan dan pengajaran Muhammadiyah di Bengkulu,” kata Puan mengenang.

 sinpo

Komentar: