Dukung Aksi Protes Massal Anti-Pemerintah, Dua Aktris Ternama Iran Ditangkap

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 21 November 2022 | 11:18 WIB
Hengameh Ghaziani dan Katayoun Riahi, dua artis Iran yang ditangkap/ La Stampa
Hengameh Ghaziani dan Katayoun Riahi, dua artis Iran yang ditangkap/ La Stampa

SinPo.id - Dua aktris terkemuka Iran telah ditangkap dan ditahan, atas perintah kantor kejaksaan Iran, karena secara terbuka menyatakan dukungannya terhadap aksi protes massal anti-pemerintah Iran, terkait kematian Mahsa Amini.

Hengameh Ghaziani dan Katayoun Riahi dituduh berkolusi dan bertindak melawan otoritas Iran, setelah keduanya tampil di depan umum tanpa jilbab, sebagai tanda solidaritas dengan para demonstran.

"Apa pun yang terjadi, ketahuilah bahwa seperti biasa saya akan berdiri bersama rakyat Iran. Ini mungkin postingan terakhir saya," tulis Ghaziani di akun media sosial miliknya, sebelum penangkapan.

Dilansir dari BBC, kedua aktris tersebut hanya sebagian dari sejumlah tokoh publik Iran yang telah menyatakan dukungannya terhadappara pengunjuk rasa yang menentang pendirian ulama negara itu.

Sebelumnya, kapten tim sepak bola nasional Iran di Piala Dunia Qatar, Ehsan Hajsafi, mengatakan kondisi di negaranya, beserta rakyat Iran lainnya sedang tidak baik-baik saja.

Secara terpisah, kepala federasi tinju Iran, Hossein Soori, mengumumkan bahwa dia tidak akan pulang dari turnamen di Spanyol. Keputusan ini diambil sebagai bentuk protes penindasan kekerasan terhadap para demonstran di negara asalnya.sinpo

Komentar: