Dewan Pers SinPo

Gempa di Cianjur, Puan Maharani Minta Pemerintah Segera Tanggap Darurat Bencana

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 21 November 2022 | 19:35 WIB
Sebuah bangunan roboh akibat gempa Magnitude 5,6 SR di Kabupaten Cinajur Jabar (SinPo.id/BNPB)
Sebuah bangunan roboh akibat gempa Magnitude 5,6 SR di Kabupaten Cinajur Jabar (SinPo.id/BNPB)

SinPo.id -  Ketua DPR RI, Puan Maharani, meminta pemerintah tanggap bencana dan memprioritaskan keselamatan warga terdampak gempa di Cianjur. Puan mendorong kerja sama lintas kementerian dan lembaga untuk mempermudah penanganan darurat rencana, agar mempercepat penyaluran logistik dan kebutuhan medis, khususnya bagi wilayah yang terisolir.

“Atas nama DPR dan pribadi, saya menyampaikan dukacita mendalam untuk para korban meninggal akibat gempa bumi yang melanda wilayah Cianjur dan sekitarnya,” kata Puan, melalui keterangan tertulisnya, pada Senin 21 November 2022

Ia juga meminta BNPB untuk bekerja sama dengan stakeholder terkait dan para relawan dalam mempercepat evakuasi korban, dan meminta agar korban luka-luka segera mendapat penanganan.

“Segera bangun rumah sakit darurat, dan perbanyak bantuan tenaga medis untuk membantu korban gempa di Cianjur. Prioritaskan keselamatan warga. Korban luka harus segera ditangani, apalagi tidak sedikit anak-anak yang menjadi korban,” katanya menegaskan.

Selain itu, ia juga mengingatkan agar lokasi penampungan atau pengungsian korban memperhatikan kenyamanan dan keamanan warga. Termasuk pasokan listrik, air, selimut, dan alas tidur bagi warga, khususnya korban anak, lansia, ibu hamil dan ibu menyusui.

“DPR mendorong bantuan kepada warga yang rumahnya rusak diberikan semaksimal mungkin. Penanganan pasca-gempa harus dilakukan dengan optimal,” kata Puan menambahkan.

Seperti diketahui, gempa bumi yang terasa hingga wilayah Jakarta dan sekitarnya juga menyebabkan tanah longsor di sejumlah lokasi, termasuk ruas jalan nasional Puncak-Cipanas-Cianjur, hingga membuat akses jalanan lumpuh.

Gempa juga merusak beberapa sarana umum di Cianjur seperti pondok pesantren (ponpes), rumah sakit, hingga gedung pemerintahan. Ada banyak juga rumah warga yang mengalami kerusakan parah akibat gempa.
 sinpo

Komentar:
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
Koran Sin Po edisi 14 Januari 1939 menulis berita “Super Microscoop”. Laporan tekhnologi itu menyebutkan laboratorium Jtlectron-Optisch dari Siemens & Halske di Duitschland telah telah mengumumkan satu temuan tekhnologi yang mampu melihah micro-organisme dan benda micro-inorganisch yang disebut alat super-microscoop.
- Koran Sin Po
BERITATERPOPULER