Dewan Pers SinPo

Isu Politik Identitas, PKB : Ada Dalang yang Membiayai

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 23 November 2022 | 15:33 WIB
Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawad (SinPo.id/Juven MS)
Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawad (SinPo.id/Juven MS)

SinPo.id -  Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yakin politik identitas menyeruak karena ada pihak yang membiayai. Politik kotor menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 harus diwaspadai.

"Kita juga harus mewaspadai bahayanya politisasi hukum, politisasi kapital, itu harus kita waspadai juga, karena sebenarnya terjadinya politik identitas, agama itu ada yang membiayai," kata Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawad di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 23 November 2022.

Jazilul mengatakan PKB sepakat dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar isu politik identitas tak dimainkan dalam Pemilu 2024. Semua pihak harus menjaga tensi politik menjelang perhelatan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

"Kita harus waspada di balik itu, siapa orang-orang di balik itu," kata Jazilul menambahkan.

Ia menegaskan tak ada kelompok agama yang menebar kebencian. Jika ada, kata dia, kelompok itu dipastikan telah dibayar oleh pihak tertentu untuk mengacaukan kontestasi politik di Tanah Air.

Wakil Ketua MPR itu meminta pihak terkait segera mendeteksi dini upaya-upaya politik identitas. Dia tak ingin Pemilu yang diupayakan berjalan sejuk ternodai oleh cara-cara kotor tersebut.

"Nah ini cari, waspadai ini, jangan ada kelompok-kelompok yang mengatasnamakan agama. Seperti halnya juga politisasi kapital, ada segelintir elite kekuasaan pemilik modal yang ingin mengatur, ini juga harus diwaspadai," kata Jazilul menegaskan.sinpo

Komentar: