Dewan Pers SinPo

DPR Minta Kementan Pastikan Ketersediaan Stok Pangan

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 23 November 2022 | 17:56 WIB
Anggota Komisi IV DPR RI Azikin Sholtan/ Parlementaria
Anggota Komisi IV DPR RI Azikin Sholtan/ Parlementaria

SinPo.id - Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Gerindra, Azikin Solthan, meminta kepada Kementerian Pertanian (Kementan), untuk melaksanakan tanggung jawabnya dalam sisi produksi, serta memastikan ketersediaan stok pangan.

"Karena apabila ketersediaan stok dan kondisi harga pangan terganggu dapat mempengaruhi stabilitas ekonomi dan menimbulkan gejolak sosial di masyarakat," kata Azikin, dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Kementerian Pertanian, di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu 23 November 2022.

Selain itu, untuk menjaga daya dukung lingkungan di sektor pertanian, ia meminta penjelasan terkait standar yang ditetapkan oleh Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP), lantaran diketahui 70 persen lahan-lahan pertanian tidak dikelola dengan kaidah-kaidah yang terstandarisasi.

"Kami meminta agar BSIP di seluruh Indonesia untuk melakukan sosialisasi kepada daerah, petani, penyuluh, pelaku usaha pertanian, terkait standarisasi instrumen pertanian tersebut," ungkapnya.

Lebih lanjut, Azikin juga meminta kepada Dirjen BSIP terkait irigasi perpipaan dan lumbung. Pasalnya, kedua kegiatan tersebut sangat dibutuhkan di berbagai wilayah untuk adaptasi perubahan iklim.sinpo

Komentar: