Dewan Pers SinPo

Pertamina Ajak Masyarakat Daftarkan Kendaraannya Agar Subsidi Tepat Sasaran

Laporan: Bayu Primanda
Rabu, 23 November 2022 | 18:54 WIB
Acara diskuai bersama PT Pertamina Patra Niaga/Pertamina
Acara diskuai bersama PT Pertamina Patra Niaga/Pertamina

SinPo.id -  PT Pertamina Patra Niaga mengajak masyarakat untuk mendaftarkan kendaraannya agar penyaluran subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) bisa semakin tepat sasaran.

Sales Branch Manager PT Pertamina Patra Niaga Tangerang, Triasa Ramadhani mengungkapkan, bahwa dengan mendaftarkan kendaraannya, masyarakat juga menjadi berperan dalam hal penyaluran subsidi BBM.

“Kami mengajak masyarakat untuk mendaftarkan kendaraannya melalui aplikasi My Pertamina atau bisa ke website resmi Pertamina, itu namanya Subsidi Tepat,” ungkapnya dalam diskusi ‘Sosialisasi Penyaluran BBM Subsidi dengan Program Subsidi Tepat’ yang digelar Pandawa Nusantara di kawasan Tangerang Selatan, Banten, Rabu, 23 November 2022.

Selain bisa mendaftar melalui aplikasi My Pertamina dan laman resmi Pertamina, Triasa mengatakan, bahwa masyarakat juga bisa mendaftarkan kendaraannya secara langsung di SPBU.

“Jika sudah terdata, maka nanti akan muncul QR Code dan akan terbaca jika konsumen membeli BBM jenis apa dan berapa liter yang dibeli dalam satu hari, satu minggu bahkan satu bulan terakhir,” katanya.

Selain agar subsidi BBM semakin tepat sasaran, Triasa menyampaikan, bahwa data dari pendaftaran kendaraan tersebut juga akan menjadi basis data bagi Pertamina untuk kemudian dipertanggungjawabkan kepada para pemangku kebijakan, baik itu Pemerintah, BPH Migas maupun DPR RI.

“Sebenarnya sih secara pelaksanaan saya rasa konsumen dan SPBU cukup mengerti sih mana elemen yang berhak menggunakan Pertalite maupun Biosolar. Hanya saja kan dalam setiap penyaluran subsidi ini, kami PT Pertamina ada pertanggungjawabannya,” ujarnya.

“Nah dengan data yang didapat ini, jadi saat kami melaporkan kepada Kementerian/Lembaga atau BPH Migas, kami bisa menjelaskan bahwa per liter yang tersalur tuh seperti ini, dan ini data validnya,” ungkap Triasa menambahkan.sinpo

Komentar: