Dewan Pers SinPo

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Mulai Beroperasi pada Pertengahan 2023

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 23 November 2022 | 21:55 WIB
Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika
Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika

SinPo.id - Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) direncanakan untuk mulai beroperasi pada pertengahan tahun 2023 mendatang. KCJB juga rencananya akan tersambung dengan kereta Light Rapid (LRT) Transit Jabodebek.

Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo, mengatakan progres fisik dari kereta cepat saat ini sudah mencapai 81,66 persen. Sementara progres investasi mencapai 91,40 persen.

"Kami meyakini Insya Allah apabila dukungan PMN dan pendanaan dari CBD bisa kita cairkan di bulan Desember ini, Insya Allah schedule Juni-Juli (2023) ini bisa kita capai," kata Kartika, saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu 23 November 2022.

Pasalnya, Komisi VI DPR RI telah menyetujui penambahan Penyertaan Modal Negara (PMN) Tahun 2022 untuk PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebesar Rp3,2 triliun, untuk dukungan penyelesaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Tambahan PMN tersebut berasal dari cadangan investasi APBN Tahun 2022, untuk memenuhi permodalan porsi Indonesia atas cost overrun proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Dengan adanya tambahan PMN, Komisi VI DPR berharap proyek kereta cepat tersebut dapat selesai tepat waktu, dan digunakan sesuai dengan peruntukannya, serta mengikuti prinsip tata kelola perusahaan yang baik.

"Kami akan mengambil semua catatan-catatan dan masukan dari seluruh anggota untuk kita pastikan bahwa proyek ini dapat berjalan dengan tepat waktu," kata Kartika.sinpo

Komentar: