Dewan Pers SinPo

Kali Angke Mulai Dikeruk untuk Antisipasi Banjir

Laporan: Zikri Maulana
Kamis, 24 November 2022 | 07:01 WIB
Pengerukan Kali Angke
Pengerukan Kali Angke

SinPo.id -  Dinas Sumber Daya Air DKI melakukan pengerukan Kali Angke, di Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat guna mengantisipasi bencana banjir. Tahap awal pengerukan kali tersebut ialah sepanjang 600 meter, namun progres yang ditargetkan sekitar dua kilometer. 

"Panjang pengerukannya sekitar dua kilometer sampai Cengkareng Drain, tapi mungkin tahap awal itu sekitar 600 meter,” ujar Kepala Unit Pengelola Pengujian, Penyelidikan dan Pengukuran (UP4) Dinas SDA DKI Jakarta, Abdul Rauf Jaffar kepada wartawan, di Jakarta, Rabu 23 November 2022. 

Menurut Abdul Rauf, Kali Angke memang sudah sepatutnya dilakukan normalisasi. Pasalnya, berdasarkan inventarisasi yang dilakukan UP4, kali tersebut telah mengalami pendangkalan dan penyempitan. Terlebih, saat ini Jakarta sudah memasuki musim penghujan. 

"Ya normalnya itu kedalaman sekitar tiga meter, tapi yang ada kedalamannya sekitar 1-1,5 meter, jadi sisanya tertutup lumpur," tuturnya. 

Selain itu, kata Abdul Rauf, lebar kali juga sudah menyempit dari idealnya 28-30 meter namun yang ditemukan di lapangan hanya 18-20 meter. Kondisi tersebut yang kemudian memicu air hujan di Kali Angke mudah meluap. Lebih lanjut, ia mengatakan saat ini pihaknya belum bisa memastikan rencana pembangunan jalan inspeksi di pinggir Kali Angke. Namun, pembangunan bisa saja dilakukan jika ada usulan dari masyarakat dan jika pembangunan tersebut dianggap mendesak. 

"Mudah-mudahan dibangun jalan inspeksi, warga bisa saja (mengusulkan) dan silakan saja," katanya. sinpo

Komentar: