Dewan Pers SinPo

DPR Sebut Pemerintah Gerak Cepat Bantu Korban Gempa Cianjur

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 25 November 2022 | 13:43 WIB
Menhan Prabowo saat menjumpai para korban gempa Cianjur/Tim Media
Menhan Prabowo saat menjumpai para korban gempa Cianjur/Tim Media

SinPo.id -  Anggota Komisi VIII DPR RI Abdul Wachid menyambut baik langkah cepat pemerintah, khususnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam penanganan korban bencana gempa bumi, Cianjur, Jawa Barat (Jabar).

Apalagi, kementerian atau lembaga terkait dan TNI/Polri diturunkan langsung menangani korban bencana.

“Saya kira gerak pemerintah sudah cukup baik, artinya Presiden sudah perintahkan semua pembantunya untuk segera menangani masalah bencana yang akhir-akhir ini bersamaan di beberapa daerah seperti kondisi bencana gempa di Cianjur sekarang ini,” kata Wachid saat dihubungi, Jakarta, Jumat, 25 November 2022.

Politikus Partai Gerindra itu menyebut bantuan buat para korban gempa ini tidak hanya datang dari pemerintah pusat tetapi juga dari pemerintah daerah dan para anggota DPRD Kabupaten/Kota. Artinya, kata dia, gerak cepat pemerintah itu patut didukung semua pihak, termasuk Komisi VIII DPR RI.

“Kan yang memberi perhatian tidak hanya pemerintah pusat saja, akan tetapi saya amati dari pemda di beberapa kabupaten/kota juga sekarang memberi bantuan, juga para anggota dewan di Kabupaten/kota sedang menyisihkan gajinya untuk membantu para korban,” ujarnya.

Anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah itu menuturkan penangan korban bencana sejauh ini masih terfokus pada saat kejadian, sedangkan pascabencana belum menjadi perhatian serius.

Untuk itu, Wachid berharap gerak cepat pemerintah juga harus pada pascabencana. 

“Dalam Penangan korban saya berharap tidak hanya saat terjadi bencana saja, akan tetapi pasca bencana justru sangat Penting. (Ini yang terkadang kurang menjadi perhatian), dan para korban bencana sangat membutuhkan perhatian dari mulai infrastruktur, sara prasarana sampai persoalan membangkitkan ekonomi,” kata dia.

Anak buah Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto itu ingin pemerintah ke depan lebih menggerakkan Kampung Siaga Bencana (KSB). Sebab, Indonesia merupakan negara yang terletak di cincin lingkar patahan bumi dan itu sangat rentan terjadi gempa bumi kapan saja.

“Tidak kalah pentingnya Pemerintah pusat dan daerah juga harus menggerakkan KSB. 

Langkah ini sangat penting mengingat negara kita yang terletak di cincin lingkar patahan bumi dimana sewaktu-waktu dimungkinkan akan terjadi patahan yang bisa mengakibatkan gempa bumi dan tsunami. Selain gempa bumi, negara kita ini di daerah tropis yang juga mudah terjadi banjir, tanah longsor dan kebakaran hutan. Itulah saya dorong di bentuknya kampung siaga bencana,” kata dia. 

Wachid juga mengusulkan agar para anggota DPR, DPD RI, dan DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota ikut membantu pemerintah dalam meringankan beban para korban bencana di Cianjur.

“Dewan kabupaten/kota, Provinsi hingga DPR RI untuk menyisihkan sebagian gajinya untuk membantu korban bencana di Cianjur,” kata dia.sinpo

Komentar: