Dewan Pers SinPo

BPBD DKI: 9 RT di Jakarta Utara Terendam Banjir Rob

Laporan: Zikri Maulana
Jumat, 25 November 2022 | 14:48 WIB
Petugas PPSU bersihkan sampah yang terbawa banjir rob/Antara Foto
Petugas PPSU bersihkan sampah yang terbawa banjir rob/Antara Foto

SinPo.id -  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, menyampaikan sembilan RT di beberapa titik di wilayah Jakarta Utara tergenang akibat banjir pesisir atau rob hingga pukul 12.00 WIB,  Jumat 25 November 2022. 

Kepala Satuan Pelayanan (Kasatpel) Pengolahan Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta Michael Sitanggang menyampaikan, sebanyak dua RT sudah berangsur surut. 

"Sedangkan wilayah yang sudah surut sebanyak dua RT yang terdiri dari Kelurahan Marunda," kata Michael saat dihubungi  Jumat 25 November 2022. 

Adapun sembilan RT yang masih terendam diantaranya, Kelurahan Koja berjumlah 2 RT, dengan ketinggian air berkisar 20-30 centimeter, Kelurahan Pluit berjumlah, 6 RT dengan ketinggian 25 centimeter, dan Kelurahan Penjaringan 1 RT dengan ketinggian 25 sentimeter. 

Michael menyampaikan, pihaknya telah mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah. Selain itu, juga berkoordinasi dengan Dinas Sumber Daya Air (SDA), Dinas Bina Marga, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat). 

"Untuk menyedot genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama para lurah dan camat setempat. Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat," katanya. 

Sementara dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Pelaksana BPBD DKI, Isnawa Adji menyampaikan, air mulai naik pada pukul 08.15 WIB, dan mulai surut pada pukul 12.20 WIB. 

Namun sebanyak dua ruas jalan di kecamatan Koja masih tergenang akibat adanya cekungan pada jalan tersebut. Dua jalan tersebut yakni, di Jalan Lorong M Rt.12 dan Rt.13 Rw 09. 

Ia mengatakan upaya yang dilakukan BPBD DKI yakni, meninjau langsung ke lokasi genangan air rob dan berkoordinasi dengan petugas PPSU kecamatan Koja. 
sinpo

Komentar: