Dewan Pers SinPo

PAN: Sikap Amanat Indonesia Dukung Anies Tak Mewakili Partai

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 25 November 2022 | 16:26 WIB
Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno/ Parlementaria
Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno/ Parlementaria

SinPo.id - Partai Amanat Nasional (PAN) menegaskan deklarasi kadernya yang membentuk Amanat Indonesia untuk mendukung Anies Baswedan bukan sikap partai. Amanat Indonesia bahkan dipastikan bukan bagian dari partai, apalagi organisasi sayap PAN.

"Tidak ada organisasi sayap atau organisasi otonom di PAN yang bernama Amanat Indonesia," kata Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno di Jakarta, Jumat, 24 November 2022.

Atas hal tersebut, kata dia, pernyataan Amanat Indonesia adalah pandangan pribadi. Deklarasi itu tidak pernah mewakili PAN.

"Pandangan pribadi tentu tidak mewakili entitas apapun apalagi partai politik dalam hal ini PAN," kata dia.

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI ini menyampaikan PAN sebagai organisasi memiliki mekanisme internal dalam menetapkan capres dan cawapres. Sejauh ini, penentuan capres dan cawapres masih digodok.

"Mekanisme organisasi sudah disusun dan tahapannya pun sudah dilakukan. PAN telah mengerucutkan 9 nama dan kemudian akan diambil menjadi 3 atau 5 nama dalam waktu dekat ini," kata Eddy.

Menurut Eddy, 3 atau 5 nama capres dari PAN itu kemudian akan dibahas bersama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Selanjutnya, disepakati bersama-sama sebelum nanti diumumkan kepada publik

"Semua mekanisme dan tahapan ini dilakukan dengan tertib dan disiplin organisasi," tegas Eddy.sinpo

Komentar: