Presiden Hongaria Temui Volodymyr Zelenskyy di Kiev

Laporan: Bayu Primanda
Sabtu, 26 November 2022 | 10:40 WIB
Ilustrasi bendera Ukraina dan Hongaria/Wilson Center
Ilustrasi bendera Ukraina dan Hongaria/Wilson Center

SinPo.id -  Presiden Hongaria, Katalin Novak berkunjung ke Kiev untuk menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. Pertemuan kedua petinggi negara bertetangga itu disampaikan pada laman index.hu.

Dalam laporan di situs itu menyebutkan bahwa Novak pergi ke Ukraina menggunakan kereta api melalui Polandia.

Kantor Presiden Hongaria mengatakan tidak akan membantah atau mengonfirmasi mengenai informasi kunjungan ke Kiev tersebut.

Novak adalah politisi Hongaria berpangkat tertinggi yang mengunjungi Presiden Zelenskyy sejak invasi Rusia ke Ukraina pada Februari 2022.

Novak adalah sekutu dekat mantan Perdana Menteri Viktor Orban dan ia terpilih sebagai Presiden Hongaria oleh mayoritas partai Fidesz yang memerintah di parlemen pada Maret.

Pada Oktober, Novak bergabung dalam suatu pernyataan yang dikeluarkan oleh para presiden negara-negara Eropa Tengah dan Balkan yang mengecam pemboman massal kota-kota Ukraina oleh Rusia.

Pada Rabu, 23 November 2022, Hongaria mengatakan akan memberikan bantuan keuangan senilai 187 juta euro (Rp3 triliun) ke Ukraina sebagai kontribusinya untuk paket dukungan Uni Eropa yang direncanakan mencapai hingga 18 miliar euro (Rp294 triliun).
sinpo

Komentar: